Topan di Busan dan Puting Beliung di Indonesia, Apa Perbedaannya?

01.52

Rabu (5/10) dulu badai topan dahsyat melanda wilayah Busan, Korea Selatan. bencana yg melanda area persinggahan paling besar di Korea Selatan ini diikuti dengan hujan dan angin kencang. Badai ini sampai-sampai disebut menyerupai Tsunami lantaran dampaknya yg membuahkan gelombang air gede yang membelai lokasi perumahan.

Lalu seharusnya apa yang membedakan badai topan seperti di Busan dengan angin puting beliung yg tidak jarang terjadi di bermacam macam negara di Indonesia? Berikut secara rinkas perbedaannya.

Badai Topan
Badai topan atau sangat sering dinamakan semula dgn istilah taifun adalah fenomena alam yang berjalan waktu tekstur laut yg hangat di satu buah area mewarisi penguapan. Suhu hangat yg naik ke udara menimbulkan tindihan udara di sekitarnya turun dengan cara drastis dan membuahkan badai tropis. Badai ini menyentak angin yang berlalu di sekitarnya dan membuatnya bersirkulasi di atas permukaan laut. Putaran angin ini umumnya dipengaruhi oleh rotasi bumi. Oleh lantaran itu, badai topan tak sanggup terbentuk di negara yg dikelilingi garis ekuator. rata-rata badai terlahir sedikitnya dalam jarak 300 mil mulai sejak garis ekuator atau khatulistiwa. dekat hitungan hari badai termasuk dapat membesar seiring dengan pertambahan angin yang dihisapnya. suatu badai mampu dikategorikan menjadi topan kala kecepatan angin yg membentuknya menjangkau 74 mil per jam atau sekitar 120 km/jam.

Angin Puting Beliung
Berbeda dengan badai topan, angin puting beliung merakit secara garis adil dgn kecepatan lebih berasal 63 km/jam. Angin puting beliung tengah berlangsung dalam waktu singkat cangga lebih 5 menit. Fenomena ini biasanya terjadi pada siang atau sore hri saat hawa panas dan pengap remunerasi radiasi matahari. Oleh dikarenakan itu, gumpalan awan tumbuh dengan cara lurus dan mengarang arus hawa naik dan turun berputar dekat kecepatan tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan tinggi menghempas ke daratan dengan cara tiba-tiba dan berlangsung secara acak membangun angin ribut.

Kehadiran angin puting beliung masih susah diprediksi. umumnya angin berhembus dengan cara tiba-tiba dengan lokasi yang terdampak relatif mungil Angin puting beliung mempunyai persuasi berbeda-beda di bermacam negara di Indonesia. Di negeri Jawa, angin puting beliung dinamakan juga angin Leysus, di daerah Sumatera disebut serta angin Bohorok.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section