Seabin, Ember Ajaib Penyedot Sampah dan Tumpahan Minyak di Lautan

20.28
seabin-project
Kamu gemar berlibur di laut? Birunya warna laut luas dgn ketenangan yg ditawarkan benar-benar jadi obat pelepas penat yg luarbiasa menyenangkan. Tapi mungkinkah selamanya lautan luas didunia ini tetap terus berwarna biru? Mungkinkah laut tak tercemar oleh bahan kimia atau racun lain yg berbahaya akibat ulah manusia itu sendiri?
Faktanya, laut di semua dunia, tidak tidak hanya lautan Indonesia penuh oleh sampah yg menggenang. Apalagi sampah yg hanyut di lautan luas umumnya merupakan sampah plastik yg tidak sempat mampu hancur atau terurai sewaktu ribuan thn. Kebenaran menunjukkan ada seputar 8 juta ton sampah yg mengapung di lautan.
Kira Kira 90% dari 8 juta ton sampah itu ialah sampah plastik yg mengapung ataupun tenggelam di basic lautan. Sampah plastik terang teramat berbahaya bagi ekosistem lautan, dikarenakan sampah plastik dapat terurai dengan cara fisika, & jadi pecahan-pecahan plastik mungil, & hasilnya jadi partikel plastik. Partikel plastik itulah yg bakal termakan oleh satwa laut, termasuk juga ikan laut yg kita mengkonsumsi sehari-hari. Bayangkan ikan laut yg terhidang di meja makan ialah ikan yg turut memakan sampah plastik itu!
Tidak Hanya sampah plastik, masalah penting yg semakin merusak keadaan laut Kita yaitu mengenai minyak tumpahan minyak yg pun tidak dapat membaur dgn air laut. Tumpahan minyak ini lebih sering disebabkan oleh kebocoran minyak di kapal laut yg berlalu lalang di lautan luas.
Lantas, tidak adakah solusi utk menghilangkan sampah & tumpahan minyak dari lautan di Samudera dunia?
Nyatanya belum lama ini dua orang peselancar dari Australia mengaku sudah menemukan suatu technologi mutakhir yg jadi piranti buat pembersih laut, sarana ini disebut yang merupakan Seabin. Dikutip dari National Geographic, dua peselancar Australia ini bahkan memutuskan berakhir dari tugas mereka & berkutat dalam lab buat mencari solusi brilian memerangi jutaan ton sampah di lautan kita.
Dengan Cara Apa trik kerja Seabin ini? dari video rilisannya yg sanggup disimak dalam page Youtube/Seabin Project, ember ajaib penyedot sampah & tumpahan minyak ini bekerja sebagaimana filter air di tangki akuarium ikan di hunian Kamu. Demikian sederhana & efektif, juga murah buat diaplikasikan.
Dalam prosesnya, Seabin tidak butuh di bawah ke tengah laut & disebar terombang ambing menghilang di tengah Samudera. Lumayan tempatkan Seabin ini di tiap dermaga apung yg berada di jutaan dermaga di semua dunia.
Ide kerjanya amat sangat sederhana : suatu ember dihubungkan terhadap pompa air yg terkoneksi di dekat dermaga. Selanjutnya biarkan Seabin menghisap sampah yg mengambang di laut ke dalam kantong berbentuk jala yg berada di mulut ember ini. Kapabilitas sedotan Seabin ini ampuh utk menghisap bermacam macam macam sampah plastik yg tidak jarang mengotori laut semacam botol plastik, kertas, styrofoam, dll.
Terhadap Seabin pun terdapat system pemisah air & minyak yg sifatnya opsional di dalam pompa. Elemen ini bisa menghilangkan minyak & deterjen dari air laut sebelum mengalirkan air sudah bebas polusi itu kembali ke laut lewat sudut lain pompa. Inovasi technologi sederhana yg luar biasa bukan? (cal)
img : seabinproject
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section