2 Gunung Api Mematikan di Indonesia

19.16
Gunung Api
Dari ratusan gunung api di Indonesia, hampir seluruhnya masih aktif dan terus memuntahkan gejala vulkanisnya. Ada yang punya masa bencana gunung meletus yang periodik dan termasuk paling aktif di dunia, seperti Merapi di Yogyakarta, dan Sinabung di Sumatera Utara.
Tercatat, Indonesia memang terbentuk oleh bentangan Rings of Fire atau cincin api. Membujur dari sisi paling barat Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga membelok ke utara di Maluku dan Sulawesi Utara. Alur cincin api dengan ratusan gunung apinya ini menjadi acaman nyata bencana alam gunung meletus. Lintasannya sesuai dengan patahan lempeng Australia yang menubruk lempeng Eurasia dan menghasilkan fenomena vulkanis gunung berapi.
Namun tahukah Anda bahwa Indonesia pun memegang rekor dua kejadian bencana alam gunung meletus terdahsyat dan paling mematikan sepanjang sejarah?
Gunung Toba menjadi salah satu gunung api paling melegenda sepanjang masa. Menurut prediksi para ilmuwan, letusan super dahsyat gunung api purba Toba di Sumatera Utara memiliki skala letusan 8, atau skala maksimum dalamVolcanic Explosivity Index. Menurut Surono, dampak letusan Gunung Toba meledakkan volume material ke atas langit hingga sebesar 2.800 kilometer kubik.
Kini, gunung Toba tak pernah terlihat lagi bentuknya. Gunung itu hancur karena letusannya sendiri, menyisakan sebongkah “lubang” besar di ujung utara Pulau Sumatera. Sisa letusan purba Gunung Api Toba membentuk danau terindah dan terluas di Indonesia. Danau Toba, dan Pulau Samosir di tengah danaunya.
Menurut pernyataan Surono, selaku Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, dikutip dari portal CNN Indonesia, bahwa letusan terdahsyat gunung api di Indonesia yang sudah terdokumentasi dengan baik adalah Tambora. Besarnya bencana alam letusan gunungapi Tambora mencapai levelVolcanic Explosivity Index (VEI) di angka 7. Padahal angka dalam skala VEI hanya berderet dari angka 1 hingga 8. Tambora hanya berada satu tingkat di bawah level letusan maksimum yang bisa dihasilkan gunung api aktif di seluruh dunia.
Letusan dahsyat Tambora pada April 1815 menewaskan lebih dari 60 ribu jiwa di sebagian wilayah Indonesia Timur hingga pulau Jawa. Memicu gelombang kemiskinan bertahun-tahun bahkan hingga negeri Eropa karena gagal panen dan ekonomi lumpuh akibatmatahari tertutup awan panas hingga bertahun-tahun.
Bencana alam Letusan super dahsyat Tambora hanya bisa dikalahkan skala letusannya oleh gunung api purbaSupervolcano Gunung Toba yang meletus sekitar 75 ribu tahun lalu. (ijal)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section