Patahan Tanah Pulau Jawa

20.50
patahan-patahan-di-jawa
Menurut perkiraan para ahli Geologis, pada 20 juta tahun yang lalu sebelum Masehi, lempeng Australia dan Lempeng Eurasia saling menubruk satu sama lain, menyebabkan menunjamnya lempeng Australia di bawah Lempeng Eurasia. Penunjaman yang masih berlangsung hingga sekarang ini yang menjadi penyebab awal terbentuknya rangkaian gunung Api di sebelah barat Sumatera, dan Selatan Jawa. Termasuk gunung Krakatau, gunung Merapi, Gunung Semeru, dan Gunung Kelud. 4 gunung aktif di Pulau Jawa yang membawa dampak risiko bencana alam gunung meletus.
Akibat gerak lempeng ini, muncullah patahan-patahan yang kini memiliki ragam nama, seperti Patahan Jakarta, Patahan Grindulu, Patahan Cimandiri, Patahan Opak, dll. Patahan Opak contohnya, akibat pergerakan Sesar Opak di wilayah timur Yogyakarta, menyebabkan bencana alam gempa bumi 6.2 skala richter pada 2006 silam, kejadian pilu tepat sembilan tahun lalu yang membunuh lebih dari 5000 jiwa warga Yogyakarta.Referensi: Dongeng Geologi
Coba renungkan kembali, mengapa Pulau Jawa, Pulau terpadat di Indonesia, bahkan terpadat di dunia memiliki bentuk muka bumi yang berbukit, penuh lembah, puluhan gunung berapi (45 gunung api di Jawa), memiliki 20 kawah, kompleks vulkanik Dieng, dan kompleks Kaldera Dieng, dll? Jejeran keajaiban bentangan alam di Pulau Jawa ini sebetulnya menjadi bukti nyata betapa aktifnya aktivitas seismik dan vulkanik di bawah permukaan Pulau Jawa. Bahkan Jawa sudah sangat aktif sejak 70 hingga 35 juta juta tahun lalu, di mana batuan pembentuk Pulau Jawa baru pertama kali terbentuk.
Pada awal proses terbentuknya Pulau Jawa, wilayah bagian Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi wilayah terakhir yang terangkat dari permukaan laut. Hal ini bisa dibuktikan oleh bukti-bukti geologis yang ditemukan di sepanjang Gunung Gamping di sekitar Wonosari hingga Wonogiri. Di wilayah perbukitan atau pegunungan Selatan Jawa itu banyak ditemukan potongan koral dan binatang laut yang sudah membatu dan menjadi fosil. Sepotong bukti bahwa dulu daratan Jawa tengah dan Timur terangkat dari dasar laut karena penunjaman Lempeng Australia dan Lempeng Eurasia.
Tiap centimeter bahkan milimeter pergerakan lempeng yang membentuk Pulau Jawa jelas menimbulkan bencana alam gempa bumi dahsyat. Bahkan hingga detik ini, tiap harinya ada pergerakan Lempeng Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia dan menyebabkan guncangan kecil hingga besar yang terekam oleh seismometer. (ijal)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section