Suhu Panas Melanda India

20.49
suhu Panas India
Kondisi panas abnormal yang menyerang India ini diperparah pula oleh kondisi hembusan angin yang berhembus dari wilayah Pakistan di bagian barat India. Menurut Direktur Departemen Meteorologi India, udara kering dan panas yang melanda India bagian selatan dihembuskan oleh angin barat dari wilayah Pakistan.
Seperti yang dikutip dari portal BBC.co.uk, gelombang hawa panas yang tak terkira melanda negara India bagian selatan, terutama di Andhra Pradesh dan Telangana. Sejak pertengahan April lalu, hawa panas di siang bahkan hingga malam hari menembus 50 derajat celcius!
Satu minggu ini, di penghujung bulan Mei 2015, dunia dikabarkan oleh fenomena bencana hawa panas yang menerjang wilayah India dan sekitarnya.
Peningkatan suhu udara di India bagian selatan memang sudah terjadi hampir sebulan lebih, namun Laporan tentang kematian akibat bencana alam hawa panas tersebut baru terjadi di minggu ini.
Hingga artikel ini ditulis, sudah ada 1100 penduduk India bagian selatan yang meregang nyawa akibat suhu udara yang berada di atas normal ini. Portal berita cnnindonesia mengabarkan lokasi terparah ada di wilayah Andhra Pradesh, korban jiwa di wilayah ini menembus angka 852 orang tewas. Lalu di negara bagian Telangana sudah ada 266 orang tewas akibat lemas, tak kuat menahan terpaan panasnya suhu udara.
Mayoritas korban tewas akibat bencana alam hawa panas di Andhra Pradesh dan Telangana adalah masyarakat marjinal yang hidup di bawah garis kemiskinan. Korban tewas merupakan warga tunawisma, pengemis, miskin, dan para pekerja lapangan yang bekerja di luar ruangan.
Suhu panas diluar batas kemampuan manusia ini diperkirakan akan terus melanda India bagian selatan hingga bulan depan. Musim penghujan sesuai dengan perkiraan akan turun di India pada awal bulan Juni. Menurut laporan yang dihimpun dari berbagai sumber, suhu panas di India ini sejatinya bukanlah hal yang baru. Masyarakat India sudah terbiasa dengan suhu udara di atas 40 derajat celcius yang rutin melanda di musim panas. Namun kali ini, korban jiwa sampai berjatuhan diperkirakan karena bencana alam hawa panas yang lebih intens dan tingkat kemiskinan di India yang terus meningkat. Portal CNN melaporkan bahwa dari 1.2 milyar penduduk India, hanya satu pertiga dari jumlah tersebut yang memiliki akses terhadap sumber listrik.
Fakta tersebut semakin memperkuat alasan mengapa bencana alam hawa panas di India yang menembus 50 derajat celcius dapat begitu mematikan bagi 800 juta lebih masyarakat miskin di India. (ijal)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section