Fakta Gempa 7,5 SR Afghanistan

01.38
Gempa Afganistan
Saat permukaan bumi bergetar hebat, berarti lempengan gede yg menyokong muka bumi sedang bergetar, sedang mencari keseimbangan baru. Nyaris seluruh budaya didunia menyebutnya yang merupakan gempa bumi. Suatu fenomena alam yg sanggup beralih jadi bencana mematikan jikalau tidak ditanggulangi resiko & risikonya sedini mungkin saja. Kepada kenyataannya, gempa bumi yaitu bencana yg tidak sanggup dihindari, bahkan buat diprediksi serta belum ada tehnologi & ilmu wawasan yg bisa melakukannya. Atas basic inilah, negeri-negeri yg berada di garis batas lempeng bumi telah selayaknya bersiap & berada dalam tingkat waspada yg maksimal. Wilayah-wilayah terancam gempa bumi akbar macam India, Nepal, Indonesia, & Afghanistan ingin tidak ingin siap tidak siap mesti bisa menerima risiko datangnya gempa bumi agung.
Di akhir bln Oktober 2015, informasi mengejutkan datang dari tanah Afghanistan. Sesudah di pertengahan thn 2015 gempa bumi dahsyat mengguncangkan Nepal & mengambil kematian ribuan jiwa. Waktu Ini lempengan bumi kembali bergetar di tanah Afgahanistan. Dengan Cara Apa kisahnya?
Berikut yaitu 2 fakta menyangkut gempa bumi dahsyat 7,5 SR yg mengguncang Afghanistan :
Gempa bumi afghanistan bergetar hebat dalam kebolehan 7,5 SR
Berdasarkan catatan dari USGS Earthquake Hazards Acara, suatu gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,5 dalam skala richter berjalan di dekat kota Alaqahdari-ye Kiran wa Munjan, Afghanistan. Gempa tertulis terhadap Senin, 26 Oktober 2015 pukul 09.09 pagi dikala GMT, atau pukul 16 : 09 Saat Indonesia Barat. Titik episentrum gempa berada kurang lebih 45 Kilometer utara kota Alaqahdari-ye Kiran wa Munjan. Menurut catatan kegempaan USGS, titik gempa ini berada di dalam cakupan pegunungan Hindu Kush di utara Afghanistan. Dua lempeng gede yg bertanggung jawab pada gempa dahsyat ini yaitu lempeng India & lempeng Eurasia yg bergerak se gede 37mm/ thn.
Tidak cuma dirasakan Aghanistan, gempa pun tersebar sampai ke Pakistan
Gempa akbar ini tidak cuma dirasakan oleh warga Afghanistan di lebih kurang pegunungan Hindu Kush, tapi pun tersebar sampai ke wilayah Pakistan. Catatan terakhir yg dikutip CNN mengemukakan korban tewas akibat gempa Afghanistan ini mencapai 200 orang. Justru korban tewas terbanyak sampai artikel ini diturunkan ada di wilayah Pakistan. Lebih dari 100 jiwa korban tewas yakni warga Pakistan di skeitar wilayah Chitral. Sedangkan korban jiwa di Afghanistan berada di wilayah Takhar, Nangarhar, Nuristan, Kunar, & Badhkshan.(cal) img : nepaldaily
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section