Kabar Terakhir Konflik Yaman : Ratusan Ribu Anak Terlantar dan Kurang Gizi

00.12
Anak Korban Konflik Yaman
Deru & desingan peluru pula roket kelas berat bersahutan dari tanah Suriah. medan pertempuran Suriah bahkan sekarang tengah jadi arena unjuk kemampuan antara blok barat yg diwakili oleh Amerika Serikat & blok timur yg digawangi oleh tentara Rusia di bawah kendali Bashar al Assad. Jutaan gelombang pengungsi Suriah yg masuk ke tanah Eropa pula memenuhi pemberitaan fasilitas.
Di sela panasnya situasi Suriah, berita paling baru dari gejolak pemuda Palestina yg memberontak pada kebijakan Israel di Yerussalem pula dikhawatirkan dapat meletuskan Intifada Palestina jilid ke 3.
Tapi masihlah ingatkan Kamu bahwa sesungguhnya tetap ada kemelut lain tidak cuma Suriah & Palestina yg mengambil penderitaan dalam jumlah gede di timur tengah?
Dikabarkan, Krisis kemanusiaan di Yaman semakin memburuk, Penderitaan masihlah terasa & diprediksi bakal makin meningkat. Menurut laporan terakhir Tubuh Anak-anak di bawah bendera PBB, UNICEF melansir data bahwa waktu ini di Yaman, ada setengah juta anak-anak yg terancam kurang gizi & menderita kelaparan.
Masihkah kita menutup mata pada gejolak perang yg masihlah berjalan di Yaman?
Konflik di Yaman memang lah belum berusia lebih lama dibanding gejolak Suriah & Palestina yg telah berada hitungan thn bahkan puluhan th lamanya. Konflik Yaman baru berawal di bln Maret 2015 silam. Tetapi berdasarkan laporan yg dirilis oleh UNICEF, 500 ribu jiwa anak-anak yg jadi korban perang di Yaman bersama keadaan kelaparan & kurang gizi sudah mengalami peningkatan 3 kali lipat sejak perang sejak mulai berkecamuk.
Utk ketahuan, sebelum konflik berkecamuk di negara Yaman, negara itu telah mengimpor 90 % lebih bahan makanan mereka dari luar. Faktor ini terpaksa dilakukan dikarenakan aspek kemiskinan & susahnya perkembangan ekonomi di Yaman. Tetapi keadaan perang yg diawali bersama gempuran tentara Arab Saudi membendung laju militan Houthi sudah ikut memblokade pasokan mengonsumsi ke Yaman utk mencegah Al-Houthi memafaatkan jalur itu guna memasok persenjataan mereka, seperti yg dilansir oleh Reuters.
Diberitakan oleh CNN, Afshan Khan selaku Direktur UNICEF mengemukakan prediksi yg mengkhawatirkan bahwa saat ini Yaman sedang menghadapi potensi bencana kemanusiaan yg amat sangat agung. Bahkan dikhawatirkan dapat melebihi apa yg sedang berlangsung di Suriah. Tingkat malnutrisi terhadap anak-anak yg dilaporkan amat kritis.
Berdasarkan data yg dilansir UNICEF, sedikitnya ada 537 ribu anak-anak yg mulai sejak kelihatan perubahan di badan mereka, perubahan yg berujung kepada perihal negatif sebab hal kelaparan & gizi tidak baik. sementara 1,3 juta yang lain menderita malnutrisi sedang.
Bagaimanakah sesungguhnya keadaan terakhir dari konflik di Yaman? Sejauh ini, data yg dihimpun dari bermacam macam sumber Instansi kemanusiaan internasional sudah ada setidaknya 5.400 orang tewas. Angka korban tewas ini masihlah bakal tetap berlanjut sewaktu pasukan militer yg dipimpin oleh Arab Saudi masihlah menggempur bermacam macam sisi di Yaman demi meredam kemampuan militan Houthi.(cal)
img : tribune.co.uk
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section