Mungkinkah Bencana Asap di Indonesia Padam tanpa Hujan?

03.43
Kebakaran Hutan
Asap & segala penderitaannya sudah komplit mengambil penderitaan warga terdampak asap. 24 jam lebih selagi 8 minggu terakhir, enam propinsi di Indonesia ingin tidak mau mesti kuat menghadapi kepungan asap pekat, penuh racun, menyesakkan napas. tidak ada tempat utk bersembunyi, bahkan asap telah masuk ke dalam rumah. Cuma sekadar berbaring di dalam rumah sendiri serta mesti menutupi hidung & mulut dgn masker agung. Apabila luput memanfaatkan masker, sehingga siap-siap dgn risiko racun & infeksi pernapasan yg merongrong paru-paru.
Pemerintah Indonesia bukan tidak dengan upaya, bisnis maksimal telah dilakukan. Tapi apa daya, karakteristik lahan yg terbakar ialah lahan gambut, bara api sanggup menembus sekian banyak m ke dalam tanah. Akibatnya, cuma bersama menyiramkan air dari pesawat ke atas titik api tidak dapat bisa memadamkan api sampai tuntas.
Satu titik api padam, sepuluh titik api kembali menyala & berkobar. Suatu bisnis yg tampak sia-sia memang lah.
Dulu mungkinkah bencana kabut asap ini padam?
Dilansir dari page CNN, satu buah pendapat pesimis dilontarkan oleh Menteri Sumber Daya Alam & Lingkungan Malaysia, Wan Junaidi Tuanku Jaafar yg mengemukakan bahwa apapun bisnis Indonesia yg didukung internasional utk memadamkan api tidak bakal sempat sukses. Pasalnya dengan cara logika, jumlah titik api yg muncul bahkan tiap satu jam sekali jauh lebih tidak sedikit ketimbang sumber daya yg ada utk memadamkan kebakaran hutan. Lebih-lebih potensi angin kencang tetap bakal bertiup, sedikit angin saja sanggup serta-merta menghidupka bara api dalam lahan gambut.
Lantas bagaimanakah kiat memadamkan kebakaran hutan? Tetap menurut Wan Junaidi, Dirinya memandang pesimis kebakaran hutan Indonesia mampu padam cuma bersama bisnis manusia. Katanya tiada trik lain yg mampu sukses kecuali turun hujan. Intervensi manusia tidak akan sanggup padamkan ribuan titik api kecuali hujan deras turun membasahi ribuan titik api di Sumatera & Kalimantan.
Atas basic pendapat itu, sehingga diprediksi bencana kabut asap di Indonesia tetap bakal mengepung & konsisten menambah panjang list kasus korban infeksi saluran pernapasan akut.
Pendapat Wan Junaidi ini muncul ke sarana yang merupakan komentar atas aksi operasi pemadaman kebakaran hutan paling besar yg dilakukan Indonesia terhadap pertengahan Oktober 2015. Tetap dikutip CNN, kepada Jumat (16/10) pasukan Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengerahkan pasukan paling besar dalam operasi pemadaman kebakaran hutan & lahan. Indonesia mengerahkan puluhan pesawat pengangkut air & ribuan tentara yg beroperasi di darat utk padamkan api di jumlahnya lahan & hutan yg terbakar di Sumatera & Kalimantan.
Keseluruhan telah ada banyaknya 32 pesawat & helikopter yg dikerahkan pemerintah Indoensia buat mengangkut air pas di atas titik api yg berkobar. Kebolehan pemadam ini termasuk juga enam pesawat dari Singapura, Malaysia & Australia, dikerahkan utk menunjang 22 ribu personel pemadam kebakaran di arena lapang. (cal) img : bbc
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section