Gempa Pakistan 6,2 Skala Richter

20.01
Gempa Pakistan
Seperti yg telah ketahuan, wilayah Asia Tengah meliputi India, Pakistan, Afghanistan & Nepal sejauh ini senantiasa jadi wilayah yg rawan diguncang gempa gede. Kegiatan tektonik yg demikian aktif di sepanjang jalur lintasan gempa antara lempeng India & lempeng Eurasia sudah mengambil risiko gempa agung yg teratur mengguncang.
Sesudah sekian banyak minggu dulu gempa gede pernah meluluhlantakkan wilayah pegunungan terpencil di Afghanistan, pergerakan lempeng yg amat aktif di wilayah kurang lebih lempeng India ini kembali melepaskan energi gempa gede ke permukaan. Kali ini catatan seismograf menunjukkan besaran gempa 6,2 skala richter. Gempa gede mengguncang sekian banyak wilayah di Pakistan kepada Pekan tengah malam (22/11). Informasi resmi dilansir dari laporan Pusat Pemantau Sesimik Nasional Pakistan, seperti yg dikutip dari page Antaranews.
Guncangan gempa gede dirasakan oleh ribuan masyarakat di Pakistan. Wilayah yg jadi persebaran energi gede dari kegiatan patahan di lempeng India & Eurasia ini berada di Propinsi Khyber Pakhtunkhwa di bidang barat-laut negara tersebut, wilayah suku yg berbatasan bersama Afghanistan, Propinsi Punjab Timur & Ibu Kota Pakistan, Islamabad. Sedikitnya ada 35 distrik yang lain yg serta merasakan guncangan agung gempa Pakistan lebih kurang pukul 23.11 saat Pakistan itu. 35 distrik terdampak gempa Pakistan itu di antaranya merupakan Distrik Peshawar, Swat, Malakand, Chitral & Dir Hulu pun daerah lain yg berbatasan dgn Afghanistan.
Sesudah keadaan mulai sejak mereda, gempa gede Pakistan yg berlangsung di bln Nopember 2015 ini berpusat di kedalaman kira kira 86 km, & titik episentrum gempanya ada di seputar wilayah perbatasan pegunungan puncak dunia, antara Afghanistan & Tajikistan. Tapi getarannya amat sangat terasa sampai ke wilayah Pakistan.
Kejadian gempa Pakistan Nopember 2015 ini kembali jadi pengingat suatu bencana akbar yg mungkin saja tidak bakal sempat dilupakan oleh penduduk Pakistan, dikala gempa yg amat sangat mematikan berlangsung di bln Oktober 2005 silam. Sesuai satu dekade dulu gempa amat sangat gede berkekuatan kurang lebih 7,6 terhadap skala richter mengguncang & mengoyak Pakistan. Kerusakan yg berjalan akibat gempa Pakistan th 2005 dulu sungguh di luar dugaan. Kehancuran keseluruhan di bermacam distrik & Propinsi, pula menewaskan seputar 80.000 jiwa atau kurang lebih setengah dari korban jiwa bencana dahsyat tsunami Aceh setahun pada awal mulanya di th 2004. Gempa agung Pakistan thn 2005 dulu serta menciptakan beberapa ratus ribu nyaris jutaan masyarakat Pakistan kehilangan ruang tinggal. (cal)
img : nbcnews
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section