Mengapa Gempa Pandeglang 5,6 Skala Richter bisa Merambat sampai Ke Jakarta?

22.33
gempa-jakarta
tiada yg sempat memungkiri bahwa nyaris seluruhnya wilayah Indonesia ialah kawasan rawan gempa. Seandainya paham dgn bagaimanakah struktur pulau-pulau di Nusantara ini terbentuk, sehingga kita sanggup menyadari betul mulai sejak dari jajaran barat Pulau Sumatera sampai menjajar ke selatan Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara sampai ke Papua & Maluku dibentuk oleh tubrukan dua lempeng gede dunia, adalah lempeng Eurasia & lempeng Indo Australia. Pergerakan ke-2 lempeng gede inilah yg tidak mampu dihindari & tetap menghujam satu sama lain bahkan sejak ribuan abad silam. Butuh didapati juga bahwa ke-2 lempeng penyebab gempa di Indonesia ini pun yg sudah menyebabkan gempa & tsunami dahsyat yg menyapu bersih Aceh 2004 silam.
Bila diambil ringkasan, sesungguhnya benar-benar wilayah yg paling rawan gempa terutama di Pulau Jawa cuma berada di seputar garis pantai selatan. Mulai Sejak dari Pandeglang Banten menyusuri pantai selatan sampai menyebrang ke Pulau Bali. Titik-titik rawan gempa di Pulau Jawa senantiasa mengguncang bergantian di Pantai Selatan Jawa. Pertanyaannya setelah itu, mungkinkah Kota Jakarta yg jelas-jelas berada di pantai utara Jawa ikut diguncang gempa?
Selagi ini, Jakarta ialah pusat dari peradaban & perekonomian Indonesia yg trendi, bila Jakarta kolaps, mungkin saja seluruhnya Indonesia pula dapat goyah. Kekhawatiran itulah yg menimbulkan pertanyaan mungkinkah gempa itu sanggup mengguncang Jakarta?
Kepada kenyataannya, jawaban pas dari pertanyaan itu yaitu Mungkin Saja & Dapat. Jakarta tentu ada kalanya diguncang gempa. Bahkan belum melalui sekian banyak hri pasca tulisan ini diturunkan, masyarakat Jakarta tentu masihlah teringat dgn gempa yg terasa di Jakarta terhadap Sabtu, 28 Nopember 2015 silam? Gempa pass kuat yg mengguncang Jakarta kepada pukul 21.47 WIB itu nyatanya berjalan gempa Pandeglang yg berpusat di wilayah kurang lebih Tenggara Pandeglang, Banten bersama kedalaman gempa 75 kilo meter.
Gempa yg berjalan di Pandeglang & terasa sampai Jakarta itu kebanyakan berjalan disekitar ruang subduksi antara dua lempeng Eurasia & Indo-Australia.
Kejadian gempa di Jakarta sekian banyak hri dulu sanggup serta-merta membuktikan bahwa Jakarta serta tidak mampu luput dari gempa. Bahkan dulu, kira kira seabad dulu dikala Gunung Krakatau meletus di Selat Sunda yg berjarak pass jauh dari Jakarta, gempa bahkan tsunami akibat letusan Gunung Krakatau turut menenggelamkan & menghancurkan Jakarta di era kolonial.
Dilansir dari page Antaranews, Kepala Pusat Data, Kabar & Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan terhadap kenyatannya gempa pun sanggup berjalan di Jakarta. rata rata pusat gempa di barat & tenggara Pulau Jawa berada ditengah laut. Tapi terkadang lokasinya lumayan dekat bersama daratan. (cal)
img : kompas.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section