Hujan Deras Semalaman, Katulampa Siaga III: Jakarta Waspada Banjir

20.36
Bendungan Katulampa
Sepertinya, perubahan dari periode kemarau ganas ke periode hujan semakin nyata nampak. Hujan deras bersama petir bersahutan & langit yg gelap pekat waktu ini telah mulai sejak jadi adat di langit Ibukota Jakarta tiap-tiap harinya. Tidak cuma Jakarta, hujan deras juga telah mulai sejak teratur membasahi wilayah kota-kota lain di Indonesia.
Tempo Hari, 12 Nopember 2015 sekali lagi hujan yg demikian deras turun merata dari Jawa Barat sampai ke Ibukota Jakarta. Hujan diikuti oleh petir yg menyambar sesekali & langit yg amat kelam menghitam di sore hri. Satu Buah pemandangan langka yg tidak sempat berjalan tatkala periode kemarau panjang sekian banyak bln silam. Kemarau yg demikian parah memang lah sudah menghilangkan langit mendung jauh dari Indonesia setidaknya sejak Maret 2015 sampai akhir Oktober 2015.
Kamis Sore, 12 Nopember hujan yg amat sangat deras mengguyur Jakarta & kota komuter di sekitarnya termasuk juga Depok & Bogor. Hujan deras turun semalaman. Akibatnya volume air dari hulu Sungai Ciliwung mengalami peningkatan drastis sesudah kawasan di Puncak & Bogor mengalami hujan deras.
Hasilnya, info terkini yg sukses dihimpun dari beraneka ragam sumber menunjukkan bahwa Tinggi Muka Air di bendungan Katulampa, Bogor terpantau berada di posisi 90 senti meter, atau berada dalam jenis Siaga III.
Dilansir dari page Liputan6, Andi Sudirman selaku Kepala Pengawas Bendungan Katulampa menyampaikan bahwa tinggi muka air bendungan dengan cara bertahap mengalami peningkatan di hri Kamis, 12 Nopember tempo hari. Padahal sewaktu sekian banyak bln terakhir di masa kemarau panjang th 2015, tinggi muka air bendungan Katulampa senantiasa berada di bawah standar.
Tapi Kamis, tinggi muka air Bendungan Katulampa naik dengan cara bertahap. Kepada pukul 13.00 WIB masihlah normal ialah di angka 10 senti meter. Seterusnya pukul 16.30 WIB naik jadi 60 centi meter & pukul 18.30 WIB naik lagi ke 80 centi meter. & hasilnya waktu hujan deras sore hri, pukul 19.01 WIB tinggi muka air bendungan Katulampa naik lagi ke angka 90 centi meter atau Siaga III.
Imbasnya bersama kenaikan air mencapai tinggi 90 centimeter, sehingga besaran volume air yg mengalir dari bendungan Katulampa dapat amat deras. Diperkirakan bakal mencapai 113.417 liter per detik!
Limpahan air yg teramat deras ini diprediksi dapat mengalir deras melintasi sepanjang aliran Sungai Ciliwung & tiba di Jakarta kepada keesokan harinya, adalah diwaktu tulisan ini diturunkan, ialah Jumat 13 Nopember 2015.
Waktu air di Bendungan Katulampa telah berkurang, artinya limpahan air yg amat akbar telah berlangsung mengalir ke arah Jakarta. Jikalau sampah tetap saja berserak & menghambar fungsi sungai, sehingga akan dijamin Jakarta dapat banir kembali.
Apalagi menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika, tiap-tiap sore hri wilayah Bogor & Puncak tetap bakal konsisten diguyur hujan deras.
Andi serta mengimbau penduduk yg berada di bantaran Sungai Ciliwung Jakarta buat masih waspada seandainya sewaktu-waktu berlangsung peningkatan ketinggian air di Bendungan Katulampa. (cal)
img : liputan6.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section