Aktivitas Vulkanik Gunung Lokon di Tomohon

01.32
Satu persatu gunung berapi di Indonesia menunjukkan gejolak vulkaniknya. Sesudah pada awal mulanya dikabarkan ada peningkatan vulkanik yg siginifikan dari Gunung Bromo di Jawa Timur, satu lagi gunung berapi yg tertulis teramat aktif dalam sekian banyak thn terakhir, Gunung Lokon sejak mulai kembali bergejolak. Lokon yaitu Gunung Berapi yg berada dalam jurusan cincin api pasifik di Sulawesi Utara. Dikabarkan oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Farid Ruskanda Bina, seperti yg dikutip dari page Antaranews, berlangsung peningkatan kembali dari dalam kawah Gunung Lokon sejak Senin (14 Desember) pukul 20.00 disaat Manado atau WITA.
Peningkatan gerakan Gunung Lokon di minggu ke-3 bln Desember ini ditandai bersama jumlah kegempaan vulkanik hasil dari gejolak di dapur vulkanik Gunung Lokon. Catatan terakhir menunjukkan, gempa vulkanik dalam ataupun dangkal telah mencapai 100 kali sebanyak.
Tetapi meski Gunung Lokon diprediksi dalam saat dekat bakal meletuskan kembali abu vulkanik ke hawa, pusat vulkanologi Gunung Lokon masihlah menetapkan status terhadap level siaga III. Di level ini, radius bahaya yg ditetapkan utk mencegah risiko jelek meletusnya Gunung Lokon yaitu seputar 2,5 kilo meter dari puncak Lokon.
Berita berkaitan peningkatan kegiatan vulkanik Lokon ini diinginkan jadi pengingat & sumber berita valid yg dapat disikapi bijak oleh penduduk yg berlokasi disekitar Gunung Lokon. Status Siaga III yg ditetapkan berarti peningkatan kewaspadaan mesti diperhatikan. Pula membatasi kegiatan di lereng Gunung Lokon & tak memasuki radius berbahaya.
Kalau menonton kembali catatan terakhir letusan Gunung Lokon, Gunung berapi yg terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara ini sempat meletus pass agung kepada bln Juli-Agustus sampai Nopember 2015. Kegiatan vulkanik Lokon pernah mandek sejak mulai awal Nopember sampai muncul kembali gejolaknya di minggu ke3 Desember ini.
Buat didapati, Gunung Lokon berada di antara rute Manado menuju Kota Tomohon, Propinsi Sulawesi Utara. Gunung berapi yg pass aktif dalam sekian banyak thn terakhir ini mempunyai ketinggian 1.580 m diatas permukaan laut.
Salah satu letusan terdahsyat yg mengambil kerugian agung akibat letusan Gunung Lokon berjalan puluhan thn dulu, tepatnya di thn 1991 Gunung Lokon meletus dalam skala yg agung. Waktu itu letusan Gunung Lokon memunculkan kerugian material sedikitnya Rupiah 1 Miliar. Atau seandainya dikonversi ke dalam kurs mata duit hri ini kira kira mencapai kerugian Rupiah 12-13 Miliar Rp. Ribuan warga di desa terdekat dari puncak kawah Gunung Lokon, adalah Desa Kakaskasen I, Kakaskasen II, Kinilow & Tinoor pernah diungsikan besar-besaran menuruni lereng Gunug dalam situasi yg serba darurat. Resiko dahsyat dari letusan Gunung Lokon th 1991 sudah merusak genteng ribuan hunian. Menghancurkan atap-atap sebab material vulkanik setebal lebih dari 20 centimeter. Dari page Wikipedia dilansir, letusan Gunung Lokon thn 1991 menyebabkan seseorang wisatawan asal Swiss, Vivian Clavel yg berkunjung diwaktu berlangsung letusan hebat itu tak bakal ditemukan. Dia dijamin tewas tertimbun longsoran lahar dingin.(cal)
img : msnbcmedia.msn.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section