Siapakah Sebenarnya yang Mendanai ISIS?

00.08

Perang Suriah diliat dari sudut manapun menyimpulkan terhadap satu keadaan : perang sudah mengambil penderitaan yg luar biasa kepada jutaan warga Suriah. Selagi bergulirnya perang sekian banyak thn terakhir, tanah Suriah cuma jadi ajang tampilnya ego antara Sang pemimpin Suriah Bashar al Assad bersama grup militan yg punyai harapan menguasai Irak & Suriah : ISIS.
Perang Suriah tidak mengambil kebaikan apapun bagi warga Suriah. Bahkan sebab konflik Suriah yg berlarut-larut sudah memicu gelombang eksodus manusia paling besar pasca Perang Dunia ke II. Jutaan warga Suriah pilih bertolak dari negaranya, mengharapkan suaka warga dari negara-negara di Eropa & Amerika. Saat Ini jutaan dari mereka juga tetap tidak pasti nasibnya. Hidup di dalam tenda-tenda pengungsian sepanjang perbatasan Turki-Suriah.
Disaat menyaksikan lagi penyebab mutlak dari perang yg berjalan di Suriah, seluruhnya mata dunia tentu tertuju kepada group militan ISIS. Grup teroris yg mengambil nama-nama agama padahal sama sekali apa yg sudah dilakukannya di Irak & Suriah bukan membela agama.
Publik serta setelah itu bertanya-tanya, buat menjalankan operasi militannya yg luar biasa ekstrem, dari mana kah ISIS memperoleh kucuran dana?
Buat menjawab pertanyaan ini, penulis mengutip lansiran dari page National Geographic. Natgeo menuliskan, satu buah laporan teranyar yg dirilis di akhir th 2015 ini mendaftar dgn terang dari mana ISIS mendapati dana operasi militan mereka tiap-tiap bulannya? Ada laporan yg menyatakan, tiap-tiap bulannya ISIS memperoleh kucuran dana sampai mencapai 80 juta Dolar AS. Suatu angka yg terang amat sangat gemilang bagi urusan dana operasi teroris! Darimana ISIS mendapati dana sejumlah itu?
Berdasarkan laporan dari IHS Inc, suatu dinas keuangan yg berbasis di Inggris, ISIS memperoleh dana gede utk menjalankan operasinya dari beragam bisnis, baik tanpa izin ataupun legal. IHS Inc yg melaksanakan riset mendalam berkaitan ISIS ini menyatakan kurang lebih 50 % pendanaan ISIS berasal dari modal rampasan perang & pungutan pajak yg amat sangat tinggi di wilayah-wilayah Suriah yg sudah mereka kuasai.
Setelah Itu, 43% duit pendanaan ISIS yang lain didapatkan dari penjualan minyak. Seperti yg didapati, ladang minyak yg sukses dikuasai ISIS tidak sedikit menyebar di wilayah kekuasaannya di Irak & Suriah. Dulu 7% pendanaan yang lain didapatkan ISIS dari penjualan & penyelundupan narkotika ke wilayah-wilayah Eropa & Timur Tengah, penjualan listrik di wilayah yg mereka kuasai, pun sekian banyak pertolongan dari pihak lain yg mensupport ISIS.
Satu Orang analisis senior di IHS, Columb Strack menyebut bahwa ISIS tak seperti Al Qaeda, ISIS tak tergantung kepada duit dari donatur-donatur asing. Ini biar mereka terhindar dari pengaruh para donatur, maka ISIS bisa bergerak bebas menjalankan apapun misi yg dikeluarkan oleh komanda mereka.(cal)
img : dailysignal.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section