Resolusi Damai Perang Suriah dari PBB

23.57


Tidak sanggup dimungkiri, konflik berkepanjangan di medan perang Suriah sampai hri ini tetap jadi perhatian dari penduduk dunia. Di Lihat dari bermacam sudut, perang Suriah sama sekali tidak mengambil kebaikan apapun. Medan perang Suriah yg telah menghancurkan negeri itu sampai ke gang paling mungil kepada kenyataannya yakni tempat di mana dua ego saling berseteru tak ada berujung. Ego Presiden negara itu Bashar Al-Assad yg baku hantam bersama ego dari group militan ISIS buat menguasai Suriah dengan cara total. Terhadap hasilnya, perang Suriah telah terbukti cuma mengambil kerugian yg demikian agung kepada penduduk sipil Suriah. Kebahagiaan terenggut, hak-hak sipil buat memperoleh hidup yg patut & keamanan terjamin runtuh seketika. Bahkan perang Suriah sekarang telah membentuk rekor sbg penyumbang migrasi manusia paling besar didunia. Jutaan masyarakat Suriah bergerak menuju tanah Eropa, masuk yang merupakan pengungsi, menginginkan suaka & perlindungan keamanan dari negara-negara Eropa.
Mengingat kompleksnya masalah perang Suriah. Dewan Keamanan PBB tidak tinggal diam. Belum lama ini, di akhir bln Desember 2015 Dewan Keamanan PBB jalankan jumpa langka yg menghimpun kebolehan negara-negara gede di satu meja utk menanggulangi perang sipil Suriah yg telah merenggut nyawa lebih nyaris setengah juta warga. Jumpa yg diselenggarakan kepada Jumat (18/12) silam itu launcing resolusi kerangka kerja internasional buat langkah damai di Suriah.
Seperti yg telah ketahuan, medan perang Suriah sampai hri ini telah jadi ajang unjuk kemampuan dari bermacam negeri agung. militer Amerika, Inggris, Perancis, Arab Saudi, Rusia & tidak sedikit negeri Eropa yang lain ikut terlibat di Suriah buat menghancurkan basis kebolehan ISIS segera ke kantong-kantong markasnya. Walau demikian, kedatangan militer internasional itu sama sekali tidak mengambil kebaikan bagi nasib hidup jutaan penduduk Suriah.
Hasilnya, negara-negara gede itu sukses duduk dgn bersama Dewan Keamanan PBB buat membicarakan hari esok dari akhir perang Suriah. Seperti yg dikutip dari page CNN. Jumpa tingkat tinggi itu membuahkan dua poin desain resolusi konflik Suriah. Berikut penjelasannya :
Gencatan Senjata Nasional
Poin perdana dari resolusi perdamaian Suriah ini berawal dari gencatan senjata nasional. Nantinya kepada diwaktu yg telah ditetapkan, semua kapabilitas militer bersenjata di Suriah mesti menurunkan seluruh senjatanya demi pembicaraan damai. Baik militer pemerintahan Assad, militan ISIS & grup opisis yang lain, kebolehan militer blok barat, ataupun militer blok timur yg digawangi oleh Rusia seluruhnya mesti menurunkan senjatanya demi pembicaraan damai.
Pembicaraan damai sewaktu 6 bln antara Assad & group oposisi utk menempa pemerintahan baru yg bersatu
Poin ke-2 resolusi damai Suriah ini ialah kelanjutan dari gencatatan senjata. Nantinya tatkala enam bln sejak gencatan senjata, Presiden Bashar Al-Assad & oposisi ISIS mesti duduk dgn buat mencetak pemerintahan bersatu. Terhitung 18 bln sesudah pembicaraan damai, jutaan warga Suriah diinginkan telah sanggup mengikuti pemilihan umum. (cal)
img : cnn.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section