Yaman: Gencatan Senjata Efektif Mulai Senin 14 Desember

01.25
perang-yaman
Tetap ingat bagaimanakah derasnya peluru yg berhamburan dari medan perang di negara Yaman? Seperti yg didapati, sewaktu setahun terakhir di th 2015 ini, peningkatan derita konflik panjang yg menggadaikan kemanusiaan & menimbulkan penderitaan tidak dengan henti bagi warga sipil tengah berjalan di dua wilayah yg tidak sama, perang Suriah & perang Yaman. Keduanya sama-sama jadi medan pertempuran panas yg mempertemukan antara ego pemerintah yg diusik oleh grup pemberontak militan.
Yaman sewaktu setahun terakhir sudah hancur porak poranda akibat jumpa dua ego antara pemberontak militer Houthi & pemerintah. Kepada awalnya konflik yg telah menciptakan kekacauan fatal di Yaman ini berawal waktu Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi meminta perlindungan terhadap pemerintah Arab Saudi buat menggempur militan Houthi, grup militan di Yaman yg menuntut Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi utk mundur dari jabatannya.
Waktu Ini di antara deru pertempuran yg tetap memanas di tanah Suriah, informasi terkini yg sedikit melegakan datang dari Yaman. Grup pemberontak Houthi & pemerintah Yaman sepakat laksanakan gencatan senjata yg bakal dimulai kepada Senin hri ini, 14 Desember 2015 buat setidaknya selagi tujuh hri ke depan.
Kesepakatan gencatan senjata ini terang jadi info baik bagi jutaan warga Yaman yg tetap berkukuh di tenda-tenda pengungsian. Sesudah diawal mulanya hunian & harta mereka lenyap dihantam konflik saudara di dalam negerinya sendiri.
Buat ketahuan, dari CNN dikabarkan bahwa, kesepakatan gencatan senjata ini dikeluarkan oleh pihak group militan Houthi sehari sebelum dijadwalkannya pembicaraan damai yg diprakarsai Perserikatan Bangsa-Bangsa di Swiss, merupakan kepada 15 Desember, Selasa dikala Swiss.
Tidak Sama dgn pertempuran di tanah Suriah yg seakan malas utk mogok, kalau di Suriah, seluruhnya negeri gabungan militer blok barat & blok timur tetap membombardir basis kebolehan ISIS, sekarang di Yaman proses menuju perdamaian sedang digodok & diawasi ketat oleh Perserikatan Bangsa Bangsa.
PBB serta telah mengundang ke-2 belah pihak yg berseteru, Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi & group Houthi buat menggelar perundingan damai.
Perdamaian di tanah Yaman tidak sanggup lagi disepelekan. Sebabnya, konflik Yaman nyaris luput dari perhatian sarana dunia dikala seluruh mata tersorot kepada konflik kemanusiaan Suriah & kapabilitas ISIS.
Buat ketahuan, angka kehancuran di Yaman bukan perihal yg sanggup disepelekan. Catatan dari CNN menyebut, perang saudara d Yaman telah mengakibatkan ribuan orang tewas & menghancurkan segala sisi infrastruktur di negara Yaman. Beberapa Ratus ribu orang menuju statistik jutaan orang masyarakat Yaman pula telah mengungsi di sekian banyak titik pengungsian diluar Yaman.(cal)
Buka mata, buka telinga, dengarkan baik baik jeritan pilu saudara Kita yg hidup ditengah derita perang. (cal)
img : cnn
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section