Hujan Deras Mengguyur Indonesa, Apakah El Nino Sudah Berakhir?

23.35
Musim Hujan Datang
Memasuki awal bln Desember 2015, Tiap-tiap harinya hujan deras telah mengguyur rata di nyaris seluruhnya wilayah Indonesia. Hujan yg senantiasa ditunggu, hujan yg jadi angan-angan bagi ratsuan juta warga Indonesia. Bukan tidak dengan argumen, thn 2015 ini kelihatannya 80% ialah periode kemarau panjang seakan tak ada akhir. Bahkan sekian banyak bukti kasat mata menunjukkan bahwa periode kemarau 2015 yaitu periode kemarau paling buruk di Indonesia sejak sekian banyak dekade terakhir.
Periode kemarau panjang yg pernah menghantam telak seluruhnya wilayah Indonesia bukan tidak dengan argumen. Ada penyebab penting yg menciptakan awan hujan malas utk menggelayut di atas langit Indonesia sejak bln Maret 2015 sampai akhir Oktober 2015. Tidak lain penyebabnya yaitu El Nino. Bahkan oleh para ilmuwan dari tubuh meteorologi dunia, termasuk juga Tubuh Meteorologi Klimatologi & Geofisika (Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika) memprediksi bahwa El Nino yg berlangsung th 2015 ini ialah El Nino paling buruk & terpanjang. Bahkan kemungkinan, El Nino bakal berjalan sampai thn 2016 akan datang.
Pergi dari asumsi tersebut, prediksi El Nino yg dapat bergulir di Indonesia sampai thn 2016 sepertinya meleset. Pasalnya. Kenyataan menunjukkan bln Nopember 2015 ini langit Indonesia telah dipenuhi oleh hujan deras yg mengguyur tiap-tiap harinya. Gimana menuturkan fenomena ini? Apakah El Nino telah berhenti?
Dari page Natuonal Geographic dikutip satu buah keterangan dari Kepala Tubuh Penelitian & Pengembangan Tubuh Meteorologi, Klimatologi, & Geifisika (Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika) Edvin Aldrian. Menurut Edvin, sesungguhnya El Nino di Indonesia belum berhenti.
Malah menurut prediksi, puncak El Nino di Indonesia belum muncul. Kenapa begitu? Dalam kejadian El Nino sekian banyak dekade terakhir, puncak El Nino dapat berlangsung di bln Desember menjelang perayaan Natal. Sebab Itu dinamakan sbg El Nino, yaitu anak pria dalam istilah yg berhubungan dgn natal.
Lantas apa yg menyebabkan hujan deras yg telah sejak mulai membasahi tanah Indonesia di bln Desember th 2015 ini? dari keterangan Edvin didapatkan fakta bahwa hujan deras yg mengguyur Indonesia di bln Nopember & Desember 2015 ini disebabkan oleh bertiupnya angin Monsun Asia (angin yg terbawa dari daratan Asia) & perubahan arus laut di bidang sebelah timur Indonesia. Angin Monsun Asia ini mengambil hawa basah yg sudah memicu terbentuknya awan hujan yg bermula dari wilayah barat Indonesia. Dalam perlawanan fenomena Angin Monsun Asia & El Nino, kebolehan Angin Monsun Asia lebih kuat. Sehingga dari itu, gejala El Nino telah berhenti di Indonesia. Berganti dgn periode hujan dari Angin Monsun Asia. Fenomena Angin monsun Asia inilah yg pun sudah menyebabkan bencana banjir bandang di awal Desember 2015, menerjang wilayah Chennai India. (cal)
img : rumah.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section