Gempa Besar 6,2 SR Mengguncang Afghanistan

20.27
Gempa-Afganistan
Kayaknya pelepasan energi gede akibat pergerakan lempeng Bumi disekitar wilayah India, Nepal, Afghanistan & Pakistan sedang teratur berlangsung. Dalam sekian banyak bln terakhir di ujung thn 2015 ini pelepasan energi gempa dalam kemampuan lumayan akbar terekam terang oleh seismograf. Kejadian gempa terakhir yg terekam terhadap kebolehan akbar baru saja berlangsung di Afghanistan. Sesuai di hri Natal, Jumat (25/12) th 2015, gempa berkekuatan akbar 6,2 SR mengguncangkan wilayah Afghanistan. Titik episentrum gempanya berada di dataran tinggi dekat perbatasan Tajikistan.
Dilansir dari page riset gempa milik Amerika Serikat earthquake.usgs.gov, gempa akbar Afghanistan di akhir thn 2015 ini demikian dirasakan oleh masyarakat Afghanistan di Kota Ashkasham & Jarm, setelah itu guncangan juga terasa sampai ke Ishkashim, Tajikistan.
Sesaat menjelang masyarakat kota Ashkasham Afghanistan menunaikan shalat Isya, adalah pukul 19.14 saat Afghanistan, sesimograf mencatat guncangan lumayan keras kepada kemampuan 6,3 SR. Kapabilitas gempa se besar itu apabila dikonversi berdasarkan indeks mercalli atau indeks yg mengukur besaran guncangan berada di level 6. Dapat menciptakan tanah & jalan retak, sampai gedung tinggi bergoyang pass keras.
Diawal Mulanya, tidak berjarak demikian jauh, gempa berkategori akbar & merusak sempat mengguncang Afghanistan di akhir Oktober 2015. Dikala itu, kebolehan gempa Afghanistan terdaftar oleh USGS Earthquake Hazards Acara berada dalam kemampuan 7,5 Skala Richter. Kedalaman gempa berada kurang lebih 210 kilo meter dibawah titik pegunungan Hindu Kush, Afghanistan. Besaran gempa yg pass dahsyat ini mengagetkan warga kurang lebih wilayah terpencil pegunungan atap dunia di Afghanistan. Kurang lebih 200 jiwa tewas akibat gempa Afghanistan Oktober dulu. Korban jiwa terbanyak justru berada di wilayah padat masyarakat lebih kurang utara Pakistan.
Dijelaskan dengan cara ilmiah, gempa Afghanistan & potensi gempa yang lain di kira kira pegunungan Himalaya berjalan akibat tubrukan yg tidak mampu dihindarkan dua lempeng gede dunia. lempeng India di selatan & lempeng Eurasia di sebelah utara. Tubrukan ke-2 lempeng inilah yg selagi jutaan th telah mencetak jejeran pegunungan paling tinggi di dunia : Pegunungan Himalaya & Gunung Everest sbg puncak tertingginya sekaligus gunung teratas didunia.
Dikutip dari page http : //earthquake.usgs.gov, kegiatan lempeng India yg menubruk curam di bawah lempeng Eurasia inilah yg menjadikan kawasan kurang lebih India, Pakistan, Afghanistan, sampai ke Nepal jadi salah satu wilayah paling rentang diguncang gempa bumi dalam skala yg gede.(cal)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section