Tarakan, Kalimantan Utara Gempa 6,1 SR

01.44

Di antara derasnya periode hujan yg konsisten membasahi tanah Indonesia, info berkenaan gempa agung kembali datang dari salah satu sisi jumpa lempeng di Indonesia. Bukan dari pesisir barat, bukan serta dari pantai selatan jawa yg senantiasa punyai potensi gempa agung di Indonesia.
Informasi gempa terupdate berasal dari Pulau Kalimantan. Pulau yg tatkala ini dikenal warga jarang sekali diguncang gempa. Tapi nyata-nyatanya, di antara Kalimantan Utara yg berbatasan serta-merta dgn wilayah negara Malaysia, terdapat tidak sedikit sekali patahan lempeng yg menjalar dari Filipina & lempeng Laut China Selatan.
Di ruangan itulah energi gede gempa bumi terasa oleh sebahagian gede masyarakat Kalimantan Utara. Seperti yg dirangkum dari beraneka ragam sumber, gempa type agung & kuat berkekuatan 6,1 Skala Richter sontak mengagetkan penduduk Tarakan, Kalimantan Utara. Sekadar info, Tarakan yakni kota paling besar di Propinsi Kalimantan Utara.
Kuatnya getaran gempa Tarakan serta dipercaya oleh warga lebih kurang. Dilansir dari page Liputan6.com, kencangnya getaran gempa 6,1 SR itu menciptakan tidak sedikit bangunan bergoyang hebat selagi sekian banyak detik. Bahkan ada satu ruko akbar & tinggi yg pula tidak dapat menahan getaran. Seperti yg diceritakan oleh satu orang penduduk Tarakan, Delvi. Tetap dari Liputan6.com, Delvi menyampaikan bahwa ruko tempatnya tinggal bergetar hebat, padahal paku buminya mencapai kedalaman 16 m.
Gempa bumi 6.1 SR tertulis oleh seismograf Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika bergetar kepada pukul 01.47 dinihari WIB hri Senin (21 Desember 2015). Ruangan titik gempa berada di Timur Laut Tarakan Kalimantan Timur. Kerasnya getaran gempa juga masuk akal karena kedalaman gempa Tarakan ada terhadap kedalaman tidak lebih dari 10 Kilometer. Bahkan menurut rumus skala Mercalli, atau skala yg memastikan kerasnya gempa berdasarkan rumus 1-10. Getaran gempa terasa di Tarakan terhadap skala VI MMI (Modified Mercalli Intensity Scale).
Sampai tulisan ini diturunkan, belum ada informasi lebih lanjut yg mampu dikonfirmasi terkait efek gempa akbar di Kota Tarakan. Tapi kisah sementara yg bergulir, dikala gempa berguncang seputar 1 menit, keadaan pasokan listrik dari PLN telah dipadamkan diawal mulanya. Gempa 6,1 SR membangunkan tidur penduduk Tarakan ketika keadaan listrik telah gelap gulita.
Meskipun kebolehan gempa Tarakan tergolong pass kuat, tetapi sampai sekian banyak jam pasca gempa berjalan, Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika menyebut tidak ada potensi gelombang tsunami. (cal)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section