5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Selama Mudik Lebaran

20.42

tips-aman-mudik
Hari ini ramadhan telah memasuki hari ke-26, menurut beragam perkiraan. Puncak arus mudik akan berlangsung di malam ke 27 atau 28, antara tengah tengah malam ini atau esok hari. Mudik adalah tradisi wajib yang menjadi pelengkap di ujung bulan ramadhan. Mudik ialah momen untuk meninggalkan sejenak rumah dan segala macam kebiasaan di Kota, untuk sekadar bertatap muka, dan bersilaturahmi serta-merta bersama saudara di tanah kelahiran, di kampung halaman.
Dikala mudik, pasti rumah kita tinggalkan dalam keadaan kosong tak berpenghuni. Bagi sebagian yang bisa mengeluarkan kocek lebih untuk menyewa pembantu atau orang khusus yang bertugas menjaga keamanan rumah mungkin tak akan merasa was-was bila rumahnya ditinggal kosong selama lakukan kebiasaan mudik ke kampung halaman. Tapi tak demikian bagi yang memutuskan untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, atau hanya dititipkan kepada tetangga dekat rumah. Perasaaan khawatir cenderung bakal muncul mengingat rawannya rumah dari musibah pencurian bahkan hingga kebakaran.
Kenyataannya musibah memang lah tak bisa dicegah, tetapi musibah sanggup diminimalisir sekecil mungkin saja kemungkinannya. Caranya adalah dgn menyingkirkan hingga ke poin paling kecil hal-hal pemicu atau kelalaian tertentu yang dapat mengundang musibah pencurian ataupun kebakaran. Berikut adalah beberapa anjuran sederhana tetapi dijamin ampuh mengurangi hingga sekecil dapat menjadi rasa khawatir Anda pada kondisi rumah tatkala ditinggal mudik lebaran.
1. Pastikan seluruhnya akses telah terkunci
Poin yang paling mutlak ialah pastikan semua akses ke dalam rumah telah terkunci rapat. Pintu, jendela, kamar tidur, pindu dapur, hingga pintu depan rumah dan pintu belakang pastikan telah terkunci seutuhnya.
2. Jangan Sampai gunakan gembok yang mencolok
Faktor yang sepele tapi paling sering diabaikan ialah menggunakan gembok pagar depan rumah yang terlalu mencolok. Gembok gede yang terlihat dari luar rumah pasti dapat menjadi pertanda bagi orang yang berniat jahat bahwa rumah yang digembok tersebut sedang kosong tak ada penghuninya.
3. Cerdas dalam memilih lampu sebelah mana yang bisa dihidupkan
Poin ini bermaksud kamuflase. Cara pertama yakni hidupkan lampu kamar di bagian depan, fungsinya merupakan kamuflase ditengah tengah malam hari lampu kamar depan yang menyala menandakan ada orang di dalam rumah. Namun sebaliknya, jangan pernah menyalakan lampu teras depan. Lampu teras depan yang hidup terus di siang hari menandakan ga ada penghuni di rumah dan bisa memancing niat jahat
4. Amankan seluruhnya peralatan yang bisa memicu munculnya api di dapur.
Cabut selang kompor gas dari tabung, pastikan kompor dalam keadaan aman dan terkunci. Cium bau tabung gas Anda dan pastikan tak ada kebocoran gas.
5. Matikan semua terminal listrik yang terhubung utk menghindari peluang terjadinya konsleting akibat jalinan arus pendek yang menjadi memicu kebakaran. Kosongkan lemari pendingin, cabut lemari es dari terminal listrik.
Itulah sebagian arahan sederhana yang dapat diterapkan sore nanti atau esok pagi tepas sebelum Anda lakukan perjalanan mudik menuju ke Kampung Halaman. jangan lupa untuk berdoa dan bertawakkal semoga masih dijauhkan oleh Allah dari musibah yang mampu menghapus bahagianya mudik. Hati-hati dijalan!
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section