Malam Lailatul Qadar: Rahasia di Balik Keajaiban Malam Seribu Bulan

19.41

lailatul-qadar
malam ini merupakan malam perdana dari rangkaian keajaiban 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Sepuluh tengah tengah malam terakhir di bulan ramadhan adalah simpul penutupan. Keberkahan, pengampunan, juga pahala terbaik tersaji di antara malam-malam 10 hari terakhir di bulan ramadhan.
Rasulullah sudah memberikan penegasan bahwa barang siapa yang beribadah ditengah tengah malam Lailatul Qadar makan beliau mampu sama dengan pahala beribadah tatkala seribu bulan. Barang siapa yang berhasil menemukan dan memuliakan malam Lailatul Qadar dgn ibadah dan kebaikan tulus, maka dia dalah manusia yang amat beruntung dan dirahamati. Dari sekian banyak keutamaan tengah tengah malam Lailalatul Qadar, setidaknya ada sekian tidak sedikit rahasia keajaiban Lailatul Qadar yang bisa menggetarkan iman hamba-hamba Allah yang lemah, yaitu :
1. Lailatul Qadar tambah baik dari 1000 bln
Allah telah mencantumkan keutamaan Lailatul Qadar dalam Q.S Al Qadar bersama kiat jelas dan komplit. “Malam kemuliaan itu tambah baik dar iseribu bulan. ” (QS. Al Qadar : 3). Para ulama sepakat menerjemahkan maksud lebih baik dari seribu bulan ialah shalat atau amalan kebaikan di malam Lailatul Qadar tambah baik dari shalat dan kebaikan di 1000 bulan yang tidak terdapat ditengah tengah malam Lailatul Qadar.
2. Tengah Tengah Malam Lailatul Qadar ialah malam berlimpah keberkahan.
Allah kembali berfirman : “Sesungguhnya Kami menurunkannya kepada satu buah malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon : 3). Maksud dari tengah tengah malam yang diberkahi tersebut tak lain merupakan tengah tengah malam Lailatul Qadar
3. Malaikat Jibril dan malaikat lain turun menyambangi manusia di malam Lailatul Qadar.
Tercantum dalam AyatNya yang tertulis bahwa : “Pada tengah tengah malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril ” (QS. Al Qadar : 4). Di malam yang penuh berkah tersebut sesugguhnya milyaran malaikat yangg terhitung lagi banyaknya beserta malaikat Jibril datang dan turun menemui hamba-hamba Allah yang sedang menyibukkan ia dengan membaca Al-Quran, berdzikir, memperbanyak kebaikan dan shalat sunnah.
4. Lailatul Qadar sebuah malam pencatatan takdir tahunan. Allah Ta’ala berfirman bahwa : “Pada tengah tengah malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan : 4). Ibnu Katsir dalam kitab tafsir 12 334-335 serta menuturkan kembali bahwa kepada Lailatul Qadar dapat dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai pencatatan takdir dalam setahun, Juga mampu dicatat segala sesuatu sejak setahun terakhir sebelum Ramadhan berhenti.
5. Lailatul Qadar yaitu tengah tengah malam penghapusan dosa yang telah dahulu hingga bersih tuntas
Rahasia kejaiban malam Lailatul Qadar yang teramat teramat membahagian merupakan di malam itu seluruh dosa-dosa Muslim yang beriman akan bersih dihapus tuntas oleh Allah SWT. Seperti yang diceritakan Rasulullah SAW dalam satu haditsnya : “Barangsiapa jalankan shalat terhadap malam lailatul qadar lantaran iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah dahulu dapat diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901). (CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section