Rebut Malam Ganjil Terakhir, ini Pertanda Datangnya Lailatul Qadar

20.52

lailatul-qadr
Masihkah Anda dalam jalur yang cocok dalam memburu malam Lailatul Qadar? Keutamaan tengah tengah malam Lailatul Qadar jelas tak layak bila diabaikan apalagi disepelekan. malam Lailatul Qadar yaitu klimaks dari keseluruhan keutamaan dalam bulan ramadhan. Memburu Lailatul Qadar ialah perjuangan yang bernilai 1000 bulan. Tak Sedikit orang yang menginginkan mampu memburu kebaikan dan ladang pahala ditengah tengah malam Lailatul Qadar ini.
Dalam Al-Quran disebutkan bahwa Lailatul Qadar memang lah nyata maknanya tambah baik dari kebaikan di seribu bulan. Allah telah menjanjikan terkabulnya doa dan terhapusnya rentetan doa yang telah dilakukan di waktu-waktu silam. Namun dibalik seluruhnya keberkahan Lailatul Qadar itu, Allah tak menegaskan sama sekali ditengah tengah malam ke berapa bulan ramadhan dapat diturunkan keberkahan Lailatul Qadar. Allah membiarkan imajinasi dan perkiraan masing-masing HambaNya utk memburu Lailatul Qadar bersama hati yang tulus dan ikhlas. Melalui Rasulullah, Allah hanya memberikan beberapa tanda-tanda alam yang bisa dirasa dan diamati berkenaan tanda-tanda munculnya Lailatul Qadar. Berikut yakni tanda-tandanya :
1. Udara berhembus dalam suasana pagi yang slow.
Satu tanda alam yang cukup mudah buat dirasakan ditengah tengah malam Lailatul Qadar merupakan suasana pagi yang slow. Dalam satu buah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas mengatakan : “Lailatul Qadr adalah tengah tengah malam tentram dan santai, tidak terlalu panas dan tidak pun terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”
2. Matahari esok paginya bersinar cerah namun tidak panas
Tanda selanjutnya dari tengah tengah malam Lailatul Qadar adalah sinar matahari yang bersinar cerah di keesokan harinya namun kadar panasnya lemah, tidak panas cenderung teduh. Ubay Tubuh Intelijen Negeri Ka’ab mengisahkan Nabi pernah bersabda : “Keesokan hari malam Lailatul Qadr matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”
3. Tengah Tengah Malam ganjil di Lailatul Qadar berada dalam kondisi udara yang slow
Ini menjadi tanda-tanda yang paling gampang dirasa, seusai maghrib dan memasuki tengah tengah malam ganjl di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, suasana langit Lailatul Qadar berada dalam ketenangan maksimal. Langit tidak berawan, udara terasa sangat sejuk, tidak panas dan pula tidak dingin. Al-Quran secara jelas menggambarkan perihal ini yang menyatakan bahwa Lailatul Qadar ialah malam yang penuh ketenangan.
“Lailatul Qadr merupakan tengah tengah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar kepada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).” (HR. At-Thobroni)
4. Tengah Tengah Malam Lailatul Qadar ada di hari ganjil
Tanda paling nyata dari malam Lailatul Qadar adalah tengah tengah malam keutamaan itu hadir di sepertiga terakhir di bulan Ramadhan ditengah tengah malam ganjil. Antara tengah tengah malam ke 21, 23, 25, dan 27. Tengah Tengah Malam ini yaitu tengah tengah malam ke 27, kesempatan terakhir dalam malam Lailatul Qadar. Semoga kita betul-betul merasakan dan memetik keutamaan dari Lailatul Qadar. “Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda : “Carilah tengah tengah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (HR : Bukhari dan Muslim).
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section