Strategi Menyiapkan Perjalanan Mudik yang Ramah Anak

20.54

tips-mudik-anak
Bagi sebagian orang, perjalana mudik dapat dirasakan bersama teramat bahagia sebab menjadi perjalanan akbar setahun sekali demi bertemu keluarga agung di kampung halaman. Namun bagi sebagian yang lainnya, perjalanan mudik menempuh jarak ratusan hingga ribuan kilometer dapat menjadi sangat tidak nyaman, apalagi bagi anak-anak.
Dalam sepaket keluarga besar, mudik ke kampung halaman dengan membawa anak pasti terus dilakukan biarpun barangkali lelah dikarenakan mandek dan mabuk perjalanan bakal dialami sang anak. seorang Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) seperti yang dilansir oleh laman Antaranews memberikan sebanyak strategi khusus yang harus disiapkan utk menciptakan mengalaman mudik yang ramah anak, sehingga anak-anak akan konsisten nyaman dan menikmati perjalana mudik dengan gembira.
1. Jikalau membawa anak, terutama dibawah umur hindari mudik menggunakan motor.
Angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia masihlah benar benar tinggi, mungkin saja amat tidak baik dari jejeran risiko fatal yang dialami oleh para pemudik sebagian gede nya karena kemungkinan negatif yang muncul akibat mudik menggunakan kendaraan roda dua. Bila alat kendaraan roda empat belum dimiliki, maka mudik dengan kendaraan umum yakni pilihan paling baik jikalau membawa si anak ikut dalam perjalanan. Namun pilihlah moda transportasi yang nyaman untuk menghindari risiko berdesak-desak dan berhimpitan dgn pemudik lainnya di dalam kendaraan umum.
2. Supaya perjalanan panjang selama mudik tidak menjadi membosankan, bwalah mainan yang disukai si anak.
Jalan panjang semu dan membosankan sewaktu perjalanan mudik amat sangat teramat berpotensial menimbulkan stress bagi si anak. Siapkan mainan atau beberapa-barang yang disukai si anak buat menemani perjalanan sang buah hati dan mencegah rasa stress muncul.
3. Siapkan obat-obatan dan vitamin yang disukai si anak
Pastikan selalu kondisi tubuh anak konsisten dalam status yang terbaik. Rutinkan konsumsi vitamin dan suplemen makanan lain untuk mempermudah tubuhnya langsung beradaptasi bersama kondisi perjalanan yang jauh dan melelahkan.
4. Ajak diskusi dengan sang anak tentang keunikan, atau kuliner khas sepanjang kota-kota yang dilewati.
Kunci penting mengajak anak dalam perjalanan jauh seperti mudik yaitu dengan tetap tetap berinteraksi dengan si anak. Ajaklah untuk berdiskusi dan menuturkan keunikan pun rasa nikmat dari makanan-makanan khas yang berada di sepanjang kota yang dilewati. selain dapat menghilangkan jenuh, rutinitas itu juga dapat menambah rasa ingin tahu si anak, dan perlahan menumbuhkan rasa cinta si anak kepada satu buah perjalanan panjang melintasi kota-kota baru.
5. Untuk masih menjaga kesehatan si anak, hindari jajan sembarangan di pinggir jalan
Ini adalah point terakhir yang teramat tidak jarang luput untuk diperhatikan. Sewaktu perjalanan menuju kampung halaman tentu melewati berbagai area singgah untuk melepas penat sejenak. seringkali banyak orang tua yang mengabaikan konsumsi jajanan si anak di tempat-tempat istirahat ini. tambah baik pilih buat berakhir di ruang makan yang sudah terjamin kebersihannya, daripada harus berhenti di rest ruang pom bensin ataupun pusat oleh-oleh yang umumnya banyak terdapat penjaja makanan ringan yang disukai anak-anak.
Itulah sedikit petunjuk yang dapat diperhatikan sebelum dan selagi laksanakan perjalanan mudik bareng sang buah hati. Jikalau strategi-strategi di atas mampu dioptimalkan bersama baik, percayalah perjalanan mudik bisa menjadi pengalaman baru yang mengesankan bagi sang anak. Buatlah dia senyaman barangkali menikmati perjalanan darat melewati kota-kota baru yang menarik bagi mereka. Seandainya sejak kecil sudah dibiasakan buat menikmati perjalanan, maka ke depannya si anak perlahan mampu menjadi pribadi tangguh yang kuat dan tak takut lakukan perjalanan seorang diri. Sesungguhnya guru kehidupan yang terbaik merupakan satu buah perjalanan panjang yang mengubah hati dan pikiran.(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section