Ini 10 Ilmu Ramadhan yang patut diserap oleh Sang Anak

19.42

ilmu-ramadhan-untuk-anak
Ramadhan adalah fase paling baik untuk memperbaiki diri, ramadhan ialah momentum perbaikan akhlak dan tabiat menjadi lebih baik lagi. Keberkahan ramadhan akan bernilai lebih baik lagi seandainya membawa perubahan dalam diri, walupun hanya secuil bentuknya.
Tak Hanya yg yakni bulan pelajaran dan introspeksi diri, bulan Ramadhan juga memiliki makna tersendiri bagi mereka para anak-anak kecil di masa tumbuh kembangnya. Mengenalkan konsep-konsep Islam yang baik adalah tanggung jawab orang sepuh terhadap anak yang dititipkan Allah untuknya. Meski anak-anak dan sebagian remaja tetap berada dalam rentang umur yang teramat teramat jejaka, bukan berati mereka tidak penting utk dikenalkan tentang ramadhan dan rencana puasa dalam agama Islam.
Oleh dikarenakan itu, pengajaran menyangkut Islam dan segala kewajiban beserta larangannya harus sejak dini menjadi bagian dari pelajaran masa kecil Sang Anak. Apalagi di bulan Ramadhan setidaknya menjadi saat paling baik utk mengenalkan si anak menyangkut 10 pelajaran berikut :
  1. Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam
Poin pertama yang harus diajarkan pada si anak adalah fakta bahwa Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender hijriah
  1. Esensi dan maksud dari puasa
Seorang muslim yang telah dewasa dalam berpikir dan bertingkah laku di bulan ramadhan adalah wajib baginya untuk berpuasa. Konsep berpuasa serta maksud dan manfaatnya harus dikenalkan dan dilatih sejak dini
  1. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran
Bulan penuh keberkahan ini juga menjadi sejarah penting bagi umat Muslim, karena di bulan ini Al-Quran diturunkan pertama kali sebagai kitab suci umat Rasulullah SAW.
  1. Seluruh amalan ibadah dan kebaikan dinaikkan pahalanya menjadi 70 kali lipat.
Selama sebulan penuh ramadhan, si anak sudah harus dikenalkan dengan konsep dan Janji Allah tentang melipatgandakan pahala sebesar 70 kali lipat untuk tiap kebaikan yang dikerjakan, sehingga si anak akan semakin terpacu untuk beribadah.
  1. 10 hari menjelang akhir ramadhan ada malam Lailatul Qadar (Malam Seribu Bulan)
Edukasi tentang malam lailatul qadar pun penting untuk diberikan kepada si anak sejak dini. Supaya si anak mengetahui keutamaan dan keberkahan yang tersaji di malam Lailatul Qadar. Si anak pun diharapkan mau untuk belajar mencari keutamaan lailatul qadar dengan rajin bertadarus di 10 hari terakhir ramadhan.
  1. Esensi dari hari raya kemenangan Idul Fitri
Hari kemenangan setelah sebulan penuh berjuang menahan nafsu dan emosi menjadi sesuatu yang membahagiakan. Makna kemenangan di idul fitri harus sejak dini pula diedukasi pada si kecil. Setidaknya hingga ia merasakan sendiri bagaiman bahagianya merasakan idul fitri setelah sebulan penuh menahan nafsu dan emosi.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section