Ini Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

19.56

keutamaan-tarawih
Bulan Ramadhan identik dgn etika ibadah yang membawa kebahagiaan dan kerinduan bagi siapapun yang menjalankannya dengan ikhlas hanya mengharap ridha Allah SWT. terkecuali ibadah wajib berpuasa tatkala satu bulan penuh, kebiasaan lain yang kerap menjadi rutinitas unik di bulan Ramadhan yaitu ibadah shalat sunnah tarawih.
Shalat tarawih merupakan shalah yang kusus dilaksanakan pada bulan Ramadhan yang dilakukan sesudah shalat Isya dengan diakhiri shalat Witir. Tarawih hukumnya yakni sunnah muakkad bagi siapapun yang mengerjakannya, baik ssperempuan maupun cowok. Sunnah muakkad berarti tarawih yakni sunnah yang diutamakan. Sebagaimana yang tertutulis dalam hadits Rasulullah berikut ini :
Dari Abi Hurairah radiallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda : ‘Barang siapa yang jalankan ibadah (salat tarawih) di bulan Ramadan hanya dikarenakan iman dan mengharapkan ridho dari Allah, maka baginya diampuni dosa-dosanya yang telah lewat,” (HR Bukhari dan Muslim).
Jelas tertuliskan bahwa shalat tarawih berada dalam posisi yang amat sangat amat sangat diutamakan. Allah pula telah menjanjikan bahwa segala macam ibadah dan kebaikan yang dijalankan di bulan Ramadhan akan memperoleh balasan berkali lipat. Misalnya seperti shalat fardhu di bulan Ramadhan sanggup dimaksimalkan ganjarannya se besar 70x lipat, begitupun shalat sunnah, mampu ditingkatkan keutamaan dan pahalanya seperti se agung shalat fardhu.
Di Indonesia, pengerjaan shalat tarawih memang lah berjalan unik. Hanya berjarak sekian meter di masjid sebelah, tarawih dilaksanakan banyaknya 8 rakaat, namun di masjid yang lain, mantap melakukan tarawih banyaknya 20 rakaat. Namun segala macam perbedaan tersebut bukanlah menjadi satu buah permasalahan yang berarti. Semua perbedaan menyangkut jumlah rakaat tarawih harus dikembalikan kepada keyakinan diri masing-masing lantaran Allah hanya menilai ibadah dan kebaikan ramadhan dari niat, keikhlasan, juga sejauh mana kadar khusyu dapat kita capai. Bukan dari tak sedikit jumlah rakaat yang dikerjakan.
terkecuali perbedaan jumlah rakaat, tarawih pula terkadang membawa pertanyaan tentang jumlah rakaat yang dikerjakan dala satu kali salam. Ada yang rutin mengerjakan dua rakaat dalam satu salam, ada serta yang sesekali mengerjakan empat rakaat dalam satu salam.
Terkait beda opini itu, dapat merujuk terhadap perkataan Rasulullah SAW yang menyebut bahwa “Salat tengah tengah malam ialah dua rakaat-dua rakaat” (H.R. Bukhari dan Muslim).
Shalat tarawih yaitu ibadah shalat tengah tengah malam yang tiada di bulan lain tak hanya Ramadhan, keutamaan tarawih sudah jelas tercantum serta juga sebagai ibadah yang teramat disukai Rasulullah SAW dalam isi malamnya di Ramadhan. Segala usaha dan niat ikhlas dalam mengerjakan tarawih bersama khusyu dan tumaninah InsyaAllah dapat mendapat imbalan yang setimpal di mata Allah SWT.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section