Jurus Terbaik Mengelola Konsumsi Minum saat Berpuasa Ramadhan

20.27

konsumsi-air-mineral

Apa minuman yang Anda konsumsi di saat berbuka puasa? Minuman manis? Sirup? Teh manis? Atau bahkan soda? Sejak Mulai Sejak hari ini hentikan adat meminum-minuman manis dan berwarna tersebut. Mengapa demikian?
Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, tubuh bakal berada dalam kondisi “idle” atau beristirahat total tak dgn makan dan minum sama sekali selama kurang lebih 14 jam. Tentu untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan segar dalam beraktivitas sepanjang hari selama berpuasa menjadi tantangan tersendiri. Terutama menyangkut macam mana mengatur asupan air putih atau air mineral supaya tubuh masih terhidrasi sempurna.
Faktanya, mineral yang dibutuhkan itu tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Zat ini penting berfungsi sebagai elektrolit yang mengatur keseimbangan basa asam kepada tubuh. Air mineral juga memiliki fungsi untuk mengalirkan darah dengan tak tersendat ke otak.
Tapi nyata-nyatanya minum itu yaitu sesuatu yang dilarang waktu menjalankan ibadah puasa, dahulu pertanyaanya selanjutnya adalah macam mana trick mengatur konsumsi air mineral disaat menjalan ibadah puasa?
Berdasarkan pada artikel yang dilansir oleh laman CNN Indonesia, bahwa para ahli hidrasi Indonesia merekomendasikan siasat jitu pola minum 2-4-2. Ialah dengan minum 2 gelas air putih waktu berbuka puasa, 4 gelas diwaktu makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas terakhir di ketika sahur.
Nah pola konsumsi air putih 242 tersebut ternyata tak sedikit diabaikan oleh segenap orang yang berpuasa. Justru mengonsumsi air putih kalah telak di bandingkan dgn intensitas dan kuantitas mengonsumsi minuman manis, minuman bersoda, bahkan minuman berkafein seperti kopi dan teh. Adat yang kurang sesuai ini diprediksi menjadi pemicu munculnya lemak yang berlebihan dan berdampak terhadap obsitas.
Air mineral atau air putih yang acap disebut oleh warga Indonesia yakni zat yang paling alami dan paling pas buat menghidarasi tubuh manusia. Apabila terlalu tak sedikit menggantikan posisi air putih dengan air teh, air sirup, atau minuman manis yang biasa dijadikan hidangan berbuka puasa maka kalori dari pemanis, pewarna dan pengawet di dalam minuman berwarna tersebut akan menyulitkan tubuh untuk mengolahnya.
Bersama Trick fungsional, air mineral di dalam tubuh memiliki fungsi nyata buat alat eliminasi toksin atau racun dalam tubuh, dan untuk melakukan proses metabolisme. Air yang dikonsumsi terhadap akhirnya dapat dikeluarkan dalam bentuk urin.
banyak dokter spesialis gizi klinik yang memberikan petunjuk untuk memeriksa terus kondisi warna urin di bulan puasa. Kalau urin berwarna kuning pekat, berarti tanda bahwa tubuh Anda kurang asupan air putih. Sebaliknya, apabila nampak kuning cerah berarti Anda sudah cukup terhidrasi.
Ayo biasakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan selagi menjalankan puasa ramadhan!
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section