Ini Tips Pola Makan Sehat Selama Berpuasa Ramadhan

20.38

makan-puasa-sehat
Berpuasa penuh tatkala satu bulan di bulan ramadhan membawa efek signifikan dalam tubuh. Perubahan bentuk tubuh baik dgn trick fisik yang terlihat maupun di dalam tubuh merupakan hal yang lumrah terjadi, ada sebagian orang yang setelah ramadhan merasa lebih kurus, gemuk atau mungkin ada yang merasa lebih proporsional dibandingkan dengan bulan sebelum ramadhan.
Tak Sedikit peneltii meyakinkan bahwa berpuasa terhadap segi medis yakni proses detoksifikasi alami dalam tubuh. Fakta menunjukkan apabila lambung beristirahat, maka tubuh mampu membersihkan racun secara sempuna. Apabila tak difungsikan mencerna makanan, lambung dapat bekerja membuang sisa metabolik pencernaan selama sebelas bulan dahulu sebelum ramadhan, maka dari itu seharusnya setelah berpuasa tubuh akan terasa lebih ringan, tak gampang lemas dan tampak lebih bugar.
Namun bila usai berpuasa justru tubuh terasa lebih gemuk dan lemas, maka dapat dipastikan ada sesuatu yang salah dalam proses puasa Anda.
Salah satu factor penting yang menjadi kunci keberhasilan detoksifikasi tubuh disaat puasa adalah memperhatikan pola makan yang sehat. Seperti yang dkutip dari laman CNN Indonesia menuliskan bahwa pola makan sewaktu puasa selayaknya empat kali sehari dengan mencukupi kebutuhan kalori harian lebih kurang 1.800-2100 kalori .
Empat waktu makan yang dianjurkan tatkala puasa adalah :
1. Sahur
Makan sahur ialah tahapan perdana yang menjadi penentu kebutuhan tubuh selagi menjalankan aktivitas seharian. Dalam menu sahur, harus sanggup dipastikan adanya empat grup bahan makanan utama yakni karbohidrat,, protein, sayuran, dan buah.
Kebanyakan enam jam setelah sahur tubuh bisa lemas dan mengantuk sebab terjadi penurunan glukosa dalam darah. Setelah gula darah dalam kondisi paling rendah, ada mekanisme pemecahan glikogen dari hati kira kira 350 gram. Disaat itulah tubuh sanggup mengambil cadangan lemak dari dalam tubuh. Akan tapi kalau kurang dari 6 jam Anda sudah merasa lemas, berarti ada yang salah dalam porsi dan menu sahur Anda.
2. Berbuka puasa
Tahap kedua makan sehat di bulan ramadhan ada di fase waktu berbuka puasa. Setelah menahan lapar dan haus sewaktu kurang lebih 14 jam. Menu di makanan di fase berbuka ini dimulai dari makanan ringan, hindari makanan berat, dan jangan terlalu manis dan janganlah memakai es batu. Makanan pertama yang masuk lambung harus disesuaikan bersama suhu lambung merupakan kurang lebih 26 hingga 27 derajat celcius. Biarkan lambung jalankan pencernaan ringan dulu sebelum dilanjutkan bersama makanan berat.
3. Makan tengah malam
Usai melakukan rutinitas ibadah shalat tarawih dan beristirahat sejenak, tubuh tetap harus membutuhkan asupan makanan akbar yg ialah sumber energi. Kala makan tengah tengah malam maksimalkan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, kalau sudah ada satu lauk digoreng, jangan sampai lauk berikutnya serta digoreng. Hindari kolestrol yang berlebih dari panganan yang diolah dengan trik digoreng. Usai makan malam, tutup dengan dua gelas air putih atau secukupnya sesuai bersama kapasitas lambung Anda.
4. Makan selingan setelah makan tengah tengah malam
Fase terakhir yang harus diperhatikan ialah makanan selingan usai makan malam. Porsi makan selingan ini tak boleh terlalu tak sedikit. Hindari terlalu tak sedikit karbohidrat, lantaran kalori yang dibutuhkan menjelang tidur malam ini tak butuh terlalu banyak. Jadikan fase terakhir makan diantara makan malam dan tidur malam ini yg yakni pelengkap gizi yang belum sempat menjadi asupan sewaktu satu hari beraktivitas.(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section