Ini dia Sapi Brahman, Sapi Qurban Kualitas Super bertubuh Monster

20.24

Sapi Brahma
Percaya atau tidak, semakin meningkatnya indeks keekonomian di Indonesia, punya dampak langsung terhadap populasi sapi-sapi kelas impor yang beredar di ribuan peternakan di Indonesia. Sapi impor semacam sapi limousin, sapi zebu, atau sapi brahman menjadi sapi impor berkualitas yang masuk dan meramaikan pasar tahunan kebutuhan sapi di Indonesia. Biasanya puncak penjualan hewan sapi terjadi pada momentum idul qurban atau idul adha.
Setelah membawas tentang sapi qurban limousin, kali ini ada pendatang baru lagi yang menambah panjang pilihan calon pembeli sapi qurban dalam memilih hewan qurban kualitas terbaik. Perkenalkan sapi Brahman, sapi qurban kualitas super yang memiliki besaran tubuh layaknya monster.
Ditarik dari garis keturunannya, sapi qurban jenis Brahman adalah turunan baru dari pengembangan bibit ras sapi zebu yang awalnya berasal dari negeri India. karena dikembangkan dari bibit sapi zebu, sapi berwarna putih, berpunuk dan bergelambir yang sangat mudah ditemui di hampir seluruh Pulau Jawa, sapi Brahman pada awalnya pun tak bertubuh besar seperti yang saat ini dikenal. Namun setelah hasil rekayasa biologi dan genetika melalui pengembangan kualitas bibit sapi yang lebih baik, ditemukanlah sapi qurban kualitas super bertubuh monster ini. Hingga hari ini, di luar India sapi Brahman menjadi komoditas favorit di pasar ekspor impor sapi qurban atau sapi pedaging, termasuk di Indonesia.
Namun di Indonesia, hanya toko-toko penjual sapi qurban kelas nasional dan pengusaha besar yang berani menyimpan stok sapi Brahman dalam jejeran jualan sapi qurbannya. Harganya yang selangit, serta stoknya yang masih jarang ditemui merupakan alasan utama mengapa sapi Brahman masih jarang ditemui.
Sebagai salah satu jenis sapi pedaging atau sapi qurban kelas unggulan, ciri khas yang paling mudah dibedakan antara sapi brahman dengan sapi qurban kelas impor lainnya adalah tubuhnya yang besar, bagaikan monster sapi. Mempunyai ukuran punuk khas sapi India yang besar dan kokoh, berkulit tebal, serta ukuran gelambir di leher yang besar dan juga lebar. Untuk bobot kasarnya bisa mencapai minimum 700 kg hingga mencapai lebih dari 1.5 ton atau 1.500 kg. Coba bandingkan dengan sapi qurban kelas lokal yang biasanya hanya memiliki berat kurang lebih 500 kg, maka wajar jika harga sapi Brahman kualitas super ini bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk satu ekornya.
Uniknya, sebagai sapi yang diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya dalam momentum idul qurban, sapi qurban jenis Brahman ini memiliki ketahanan fisik yang luar biasa. Ia bahkan mampu tetap tumbuh mencapai hampir 1.000 kg walau hanya di berikan pakan seadanya dengan kualitas yang tak begitu bagus. Namun apabila diternakkan dalam kondisi kandang dan pakan yang terkontrol, maka sapi qurban jenis Brahman dapat tumbuh dengan sangat cepat, tinggi, dan bobot tubuh lebih besar dibandingkan sapi limousin sekalipun. Karena segala keunggulannya itu, Sapi Brahman sudah mendapat predikat sebagai sapi qurban terbaik di dunia. (CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section