Ini Tips Berpuasa Saat Melancong ke Luar Negeri

21.18

Tips-puasa-ke-luar-negeri
Bertolak ke luar negeri, melancong ke tanah orang yang tidak sama ras, tak sama bahasa, tidak serupa makanan dan budaya ialah yang di cita citakan tiap orang di disaat kecil. Mampu lakukan perjalanan panjang melintasi negara dengan perbedaan saat dan musim yang berbeda-beda adalah angan yang barangkali semakin mudah utk diwujudkan ditengah derasnya arus globalisasi dan diaspora penduduk dunia.
Tetapi gimana bila kesempatan untuk mengunjungi negeri orang hanya hadir di antara bulan ramadhan? Bayangan serta-merta mengarah pada perjalanan panjang melintasi batas negara, menyebrangi samudera luas diatas pesawat jet, ditambah lagi harus tetap menjaga puasa, menjaga keinginan buat makan, minum, dan emosi di negeri orang. Buang seluruh ketakutan tersebut. Bumi Allah teramat indah utk dijelajahi, jika ada satu kesempatan untuk melancong ke luar Indonesia di waktu bulan puasa, jangan ragu utk ambil kesempatan itu.
Kuncinya ada di persiapan yang matang. Perjalanan panjang dalam kondisi berpuasa memang lah memberikan tantangan dan persiapan khusus yang tak boleh luput. Seandainya persiapan sudah lengkap dicatat dan dikemas. Maka perjalanan ke negeri orang dalam kondisi berpuasa tak akan menjadi masalah. Berikut ada sekian tidak sedikit tata cara yang bisa dijadikan checklist sebelum Anda menyerahkan boarding pass pada Petugas di terminal keberangkatan internasional, selamat berpetualang!
1. Cek jadwal puasa di negara tujuan Anda
Ini ialah checklist perdana yang paling penting. Dapatkan seluruh informasi menyangkut jadwal shalat dan kala berbuka puasa di negara tujuan Anda. Berita jadwal seperti ini bakal dgn mudah diperoleh melalui jentikan jari di ponsel canggih Anda. mampu serta bersama meminta kabar yang valid dari Kedutaan Agung Republik Indonesia di negara lokasi tujuan Anda. Perhatikan pun seandainya Anda terbang menggunakan pesawat, semakin ke barat Anda menjelajah maka disaat matahari terbenam bakal semakin mundur. Sebaliknya, apabila Anda lakukan penerbangan ke arah timur, maka matahari terbenam akan semakin serentak, yang artinya ialah bonus durasi puasa bagi Anda!
2. Persiapkan Informasi sebanyak-banyaknya menu makanan di negara tujuan yang mampu dimanfaatkan untuk santap sahur
Mencari makanan di dikala berbuka puasa mungkin saja tak mau menjadi masalah di negara manapun tujuan Anda. Dikarenakan berbuka puasa berbarengan waktunya dengan dinner atau makan malam. Namun mampu menjadi masalah jika yang Anda cari ialah makanan utk santap sahur. Di negara yang mayoritas muslim, restoran hotel setempat pasti sudah menyiapkan makan sahur juga sebagai pengganti menu sarapan di bulan ramadhan. Namun, bila negara tujuan Anda yakni negara dgn minoritas muslim, mencari restoran yang siap saji makanan di saat ketika subuh bakal menjadi tantangan tersendiri.
3. Mencari ruangan komunitas muslim ataupun masjid terdekat dari penginapan
Masjid dimanapun lokasinya di penjuru Bumi merupakan lokasi yang paling indah buat menikmati kebersamaan. Jikalau Anda mengunjungi negara minoritas muslim, umumnya mencari masjid atau komunitas muslim memang agak sulit dan umumnya terpisah jarak jauh antar satu masjid dgn masjid lainnya. Tapi bila sudah bertemu bersama populasi muslim apapun bendera negaranya, maka ibadah ramadhan di negeri orang akan lebih terasa mudahnya. Share nikmat berbuka puasa dan sahur, menambah saudara, shalat berjamaah, hingga saling melempar cerita sesama muslim.
Gimana? Tak terlalu menjadi masalah kan seandainya beribadah puasa di negeri orang? Keluarlah, jejakkan langkahmu seluas-luasnya, jelajahi bumi Allah yang Indah ini dan disitu dapat kau temukan kebahagiaan yang paling bermakna.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section