Cerdas Memilih Makanan Manis Untuk Berbuka Puasa Ramadhan

23.17

makanan-buka-puasa
Sudah bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa disaat berbuka puasa, amat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman manis untuk mempercepat proses metabolisme tubuh dan mengembalikan gula darah dengan langsung, sehingga badan serentak terhidrasi dan serta-merta pulih kembali tenaganya setelah seharian penuh menahan lapar dan haus.
Namun nyatanya, jangan sembarangan memilih type makanan dan minuman yang manis. Salah pilih makan manis justru malah menyebabkan kantuk dan lemas pasca berbuka puasa.
Kepada kebiasaan masyarakat Indonesia, berbuka puasa amat identik bersama sederet makanan-makanan manis. mulai dari teh manis, kolak, sirup, es buah, hingga ragam kuliner jajanan pasar seperti kue-kue manis, dll. Tetapi ternyata rangkaian makanan manis yang terkandung dalam kuliner Indonesia sanggup dikategorikan yang merupakan makanan manis yang kurang sehat. Mengapa demikian?
Seperti yang dilansir oleh laman CNN, dijelaskan bahwa umumnya makanan atau minuman manis yang dikonsumsi masyarakat Indonesia ketika buka puasa tidak dalam type makanan sehat. Teh manis, kolak, sirup, dan makanan manis lain yang umumnya tersaji di meja hidangan berbuka puasa tak sedikit mengandung gula pasir.
Padahal gula pasir merupakan kategori karbohidrat yang amat sangat sederhana. Sehingga sangat mudah dipecah dan diolah menjadi gula darah. Apa dampaknya bagi tubuh? Kalau gula sederhana dikonsumsi bersama trik berlebihan, maka gula darah memang lah lah dapat melonjak drastis, namun pun kembali turun dengan serentak. Factor inilah yang memicu lemas, dan kantuk masih saja terjadi usai satu orang muslim menyantap hidangan berbuka puasa.
Lantas, makanan apakah yang masuk kategori makanan manis tetapi sehat untuk dikonsumsi? Rasulullah sudah memberikan contoh nyata bagi umatnya buat menyantap kurma yang merupakan hidangan mutlak pembuka puasa.
Kurma, buah manis, atau jus buah yaitu pilihan paling baik yang mampu dikonsumsi sesaat setelah berbuka. Sebutir kurma mengandung kadar gula yang tinggi, mampu meningkatkan dan mengembalikan tenaga dgn segera. Begitupun dgn buah, pilihan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti melon atau semangka. Melon dan semangka termasuk kepada buah-buah dgn kandungan air yang amat tinggi. Seandainya rutin mengkonsumsi makanan manis seperti itu, manfaat dan berkah berbuka puasa juga dapat terasa, badan kembali pulih energinya, gula darah juga masihlah stabil.
Untuk diketahui, kurma yakni kategori makanan yang dicontohkan Rasulullah SAW utk berbuka puasa, karena kurma sebutir kurma adalah karbohidrat kompleks yang amat sangat baik bagi tubuh, seperti halnya dgn nasi merah, jagung, ataupun gandum. Karbohidrat komplek memiliki sifat lebih lambat dipecah dan dicerna tubuh menjadi gula darah, sehingga gula darah akan masihlah pada angka stabil, tidak seketika naik dan jatuh. Kurma juga dipercaya bakal mengembalikan dgn sangat teramat baik proses metabolisme energi tubuh setelah 14 jam lebih pencernaan Kita beristirahat.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section