Ngantuk Usai Makan Sahur? Ini Solusinya

20.39

Solusi-agar-tak-ngantuk
Saat menjalankan etika berpuasa ramadhan, makan sahur tentu yaitu momen yang amat sangat penting yg adalah permulaan hari. Sahur menjadi pengawal hari supaya tidak lemas di diwaktu siang hingga menjelang matahari terbenam, diwaktu buka puasa tiba. Namun terkadang, “kecelakaan” sahur atau makan sahur tidak pas dengan menu yang sehat justru akan makin menyebabkan tubuh Anda mengantuk dan lemas, bahkan hanya sekian tidak sedikit ketika usai makan sahur.
Berikut yakni panduan yang mampu diikuti untuk menciptakan sahur yang berkualitas, sehingga tenaga bisa maksimal terbentuk hingga buka puasa menjelang.
Kepada dasarnya, orang yang sedang berpuasa ramadhan itu tak bakal sembarangan mengkonsumsi makannya. Esensi dari berpuasa yang paling cocok ialah mengontol nafsu makan dan minum seefektif sanggup menjadi, sehingga makanan-makanan yang tak semestinya dikonsumsi bisa dihindari. Kuncinya ada di disaat sahur, sahur yang terbaik itu ialah yang tidak menyebabkan lemas dan lapar di siang hari.
secara medis, lemas dan lapar di siang hari berjalan karena kadar gula darah dalam tubuh perlahan menurun setelah diperlukan untuk beraktivitas hingga siang hari. Nah, utk mencegah gula darah turun hingga ketika buka puasa tiba, pilihlah menu sahur yang tepat yang mengandung karbohidrat atau gula kompleks sehingga gula darah sebagai sumber energi tetap stabil selama seharian beraktivitas.
Seperti yang dilansir dari laman CNN, menu makan sahur yang sehat dan penting untuk diperhatikan adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, protein tinggi, lemak, sayur dan buah yang bervariasi.
Karbohidrat kompleks terdapat dalam nasi merah, nasi hitam, ataupun kentang yang direbus lengkap bersama kulitnya. Protein tinggi terdapat pada ikan, daging, putih telur, tempe, ataupun tahu. Sedangkan sayur dan buah yang bervariasi kaya dapat serat yang berfungsi utk memperlancar pencernaan.
Usai memperhatikan dan menghitung-hitung asupan gizi dan karbohidrat terbaik, janganlah lupa buat menyisakan satu per tiga volume perut Anda buat minum air putih 3 hingga 4 gelas waktu sahur. Tapi hindari konsumsi minuman manis seperti sirup ataupun yang banyak mengandung gula pasir. Sebab gula pasir merupakan karbohidrat sederhana, sehingga gula akan naik dengan teramat serentak dan turun pula dgn langsung juga. Dampaknya mampu menyebabkan kantuk dan lemas bahkan sesaat usai sahur.
Lalu, sebisa barangkali hindari konsumsi berlebihan makanan yang digoreng dan kaya sanggup bumbu penyedap MSG (Monosodium Glutamate). Makanan yang digoreng dan penuh MSG bakal menyebabkan orang yang berpuasa merasa lebih haus di siang hari.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section