Siasat Menghindari Rasa Kantuk Selama Puasa Ramadhan

23.20

Hindari-mengantuk-saat-puasa
Bulan ramadhan sudah memasuki hari ke tujuh, meskipun kondisi berpuasa, terkadang beban pekerjaan juga tetap saja menyita saat dan pikiran. Namun rasa kantuk dan lemas yang menyerang di tengah hari di bulan ramadhan bisa mneghambat pekerjaan. biasanya rasa mengantuk muncul karena kondisi tubuh yang lemas akibat kurang tenaga maupun kantuk yang muncul akibat kurangnya waktu istirahat.
Bulan ramadhan memang menjadi bulan penuh keberkahan, tiap bentuk ibadah dan kebaikan sekecil apapun di bulan ini sanggup dilipatgandakan berpuluh kali lipat oleh Allah SWT. Lantaran alasan itulah, kemudian banyak muslim di semua dunia yang menggunakan kala tidurnya untuk khusyu beribadah dan bermunajat terhadap Sang Pemilik Kehidupan. Ditambah pun disaat tidur yang terpotong lantaran harus bangun sebelum subuh untuk memetik keberkahan makan sahur.
Namun bukan berarti rasa kantuk di bulan ramadahan tak dapat diatasi. Perlu siasat atau trick tertentu untuk memaksimalkan diwaktu tidur selagi menjalankan etika bulan ramadhan. Bahkan tidur di bulan ramadhan pula disebutkan memiliki kebaikan pahala.
Normalnya manusia dewasa baik cowok atau perempuan memerlukan saat 6 hingga 8 jam buat mampu mencukupi alokasi ketika tubuh beristirahat. Kalau 6 hingga 8 jam tercukupi maka stamina dan daya tahan tubuh juga konsentrasi bakal berkorelasi dengan baik. Berikut adalah tips yang akan digunakan utk menyiasati kantuk di bulan ramadhan :
1. Jadikan tidur yg ialah prioritas mutlak
Bulan Ramadhan benar-benar menjanjikan manfaat dan pahala ga ada batas, namun bukan berarti Anda harus mengorbankan kala tidur Anda. Terhadap dasarnya Rasulullah serta tak mengharapkan umatnya untuk berlebihan, berlebihan dalam tidur, berlebihan dalam makan, dan berlebihan dalam beribadah. Cerdaslah dalam mengatur alokasi diwaktu Anda. Jadikan tidur juga sbg prioritas tidak hanya ibadah dan pekerjaan. Bila tidur terpenuhi, maka daya tahan tubuh, konsentrasi, performa kerja serta dapat maksimal. Korelasinya, semangat buat beribadah juga bakal maksimal terjaga.
2. Usai bekerja sehari penuh, dan beribadah tarawih, langsung lah tidur lebih awal, Karena ketika tidur tengah tengah malam kita sudah terpotong utk bangun di waktu sahur.
Maksimalkan dikala tidur usai tarawih dan tadarus Al-Quran ditengah tengah malam hari. Jika cukup beribadah, serentak lelapkan tubuh Anda. Tidurlah lebih awal di antara pukul 21.00 dan atau pukul 22.00. janganlah memaksakan lakukan aspek lain yang tidak berguna hingga menjelang larut. Memanfaatkan jeda ketika setelah subuh hingga pagi serta bakal dimanfaatkan buat tidur barang sejenak. Tapi pastikan Anda sudah memberikan jeda beberapa dikala, jangan sampai tidur segera seketika usai sahur lantaran dapat amat sangat berbahaya bagi lambung dan tenggorokan Anda.
3. Manfaatkan jeda diwaktu cukup di jam makan siang
Bagi sebagian gede pekerja kantoran, ibadah puasa bakal memberikan ketika luang di kala istirahat siang. biasanya istirahat siang diperlukan utk menyantap makan siang, namun di disaat puasa, jam istirahat siang dapat dimanfaat utk melelapkan mata dan tubuh sejenak. Sekira 15 hingga 30 menit sudah amat sangat baik bagi metabolisme tubuh Anda.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section