Mencari Menu Buka Puasa Sehat yang Tak Membuat Gemuk

20.36

Menu-Buka-Puasa-Sehat
Apa yang terlintas dipikiran ketika menyaksikan puluhan makanan manis dan panas usai diangkat dari penggorengan tersaji di depan mata sekian tidak sedikit menit sebelum disaat berbuka puasa? Pasti sebagian besar dari Kita yang sedang berpuasa akan berniat untuk lekas menyantap semua makanan di depan mata satu persatu.
Tetapi ingat, Anda harus hati-hati, esensi dari puasa ramadhan yang diperintahkan oleh Allah SWT adalah mengontrol nafsu makan dan minum seefektif bisa saja. Bila sukses menahan nafsu selagi lebih dari 14 jam berpuasa, namun kala berbuka cepat melahap semuanya, tak akan mengontrol nafsu dan emosi makan, dikhawatirkan keberkahan dari puasa akan pupus sia-sia. di luar itu, dampaknya pun akan membuat tubuh Anda menjadi lebih gemuk. tak ingin bukan?
Buka puasa memang dianjurkan melahap makanan dan minuman yang manis. Tapi kebanyakan makanan dan minuman yang tersaji di disaat berbuka yaitu makanan hasil olahan gula sederhana. Seperti kolak, teh manis, sirup, atau kue-kue jajanan pasar lain. Jenis makanan tersebut memang dapat seketika menaikkan kadar gula darah Anda, tetapi ternyata, seandainya dikonsumsi secara berlebihan, gula sederhana pula akan menurunkan kembali gula darah dengan segera. Bahkan akan memicu Insulin atau hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat dan memerintahkan Insulin untuk menyimpan gula darah menjadi lemak di bawah kulit. Imbasnya? Potensi gemuk mampu membayang di antara makanan berbuka Anda.
Dahulu dgn trik apa memiih menu buka puasa yang sehat yang tak membuat gemuk? Seperti yang dilansir dari artikel di laman CNN, makanan berbuka puasa haruslah makanan mutlak yang mengandung nutrisi lengkap, sebab tubuh sudah amat sangat teramat kekurangan nutrisi tatkala 14 jam menjalankan puasa.
Komposisi kandungan makanan sehat buat berbuka yaitu : karbohidrat kompleks seperti kurma, nasi merah, atau kentang. Dahulu dapat ditambahkan dengan gula alami dari buah-buahan. Pilihlan buah yang mengandung bayak air, seperti melon dan semangka.
Karbohidrat kompleks seperti yang tersaji dalam sebutir kurma dan rasa manis dari buah-buahan alami dan berserat tinggi akan menyerap gula darah dgn kiat pelan-pelan. Gula dalam darah naiknya pelan-pelan, dan dapat dimasukkan ke dalam sel oleh insulin bersama kiat perlahan. Tidak langsung menumpuk menjadi energi yang disimpan yg yakni lemak.
Nah, usai mengonsumsi kurma atau buah-buahan manis, segeralah melanjutkan ibadah shalat maghrib dan tarawih yg adalah pelengkap keberkahan berpuasa ramadhan. Usai ibaadah shalat tuntas ditegakkan, lanjutkan kebahagiaan puasa ramadhan Anda dengan mengonsumsi makanan penting penuh gizi, seperti nasi merah, daging, telur, tempe tahu, dan sayuran segar.
InsyaAllah keberkahan puasa dari segi medis dan pahala dapat masih mengalir di tiap detik Anda di bulan ramadhan. (CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section