Ini Manfaat Minuman Teh untuk Berbuka Puasa

20.41

teh-untuk-buka-puasa
Apa minuman pilihan Anda untuk berbuka puasa sore nanti? Beraneka Ragam makanan dan minuman yang telah menjadi budaya hidangan berbuka Indonesia terkadang memang melenakan, berderet minuman manis seperti es buah, kolak, es kelapa, hingga susu menjadi pilihan yang terkadang membuat kontrol nafsu lepas seketika usai berbuka puasa.
Salah satu minuman sederhana nan murah meriah yang mudah didapat dan sangat sering menjadi pilihan buat berbuka ada teh manis. Terkadang disajikan hangat maupun dingin. Kehangatan dan rasa manis dalam satu cangkir teh bagi sebagian orang akan menenangkan dan menghilangkan sejenak rasa lapar setelah berpuasa selagi 14 jam penuh.
Seperti yang dilansir dari laman Kompas, teh hangat teramat baik untuk dinikmati waktu berbuka puasa ramadhan, karena dapat meringankan mengembalikan energi yang lemah dan lesu akibat tak adanya minuman dan makanan yang masuk sama sekali ke lambung.
Sudah sejak sekian banyak ratus tahun lalu, kandungan senyawa dalam teh dipercaya sangat baik kesehatan. Polifenol yang kaya dalam secangkir teh merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali kepada vitamin C.
Khasiat pertama teh yang bermanfaat jika dikonsumsi setelah berbuka puasa yaitu kandungan essential oil yang terdapat dalam secangkirnya akan memberikan manfaat utk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan.
Tak Cuma itu, teh hijau yang mengandung polifenol katekin bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh dikarenakan bersifat menghangatkan badan(thermogenesis). Lemak dengan langsung teroksidasi dan sensivitas insulin menopang peningkatan metabolisme terhadap tubuh.
Tak Cuma itu, teh pula memiliki kandungan kafein yang sudah kita ketahui bersama dapat mengurangi rasa kantuk. Meski kafein dalam secangkir teh jauh lebih sedkit dibanding kopi, namun setidaknya kafein dalam teh dapat sedikit mengurangi rasa kantuk yang muncul sebelum melakukan ibadah tengah tengah malam seperti shalat tarawih, witir dan bertadarus al-quran.
Namun, sebaiknya teh yang dikonsumsi adalah teh tawar, karena manfaat yang sesungguhnya dapat maksimal kalau disajikan dalam kondisi tawar. Bakal namun jika hidangan pembuka puasa lainnya tak ada yang memiliki rasa manis, tambahkan sedikit gula pasir rendah kalori ke dalam cangkir teh Anda juga sebagai sumber energi awal yang dapat diubah lambung menjadi glukosa.
Namun, tetap harus diperhatikan bahwa posisi minuman teh sebagai sajian pembuka puasa tetap berada dibawah prioritas minum air putih. Saran utama untuk menghidrasi tubuh usai berbuka yaitu dengan memaksimalkan konsumsi air putih. Tujuannya untuk membebaskan tubuh dari risiko dehidrasi.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section