5 Bentuk Keutamaan Selama Ramadhan

23.26

5-Keutamaan-Ramadhan
Ramadhan yaitu berkah, ramadhan datang membawa janji Allah dapat syafaat dan manfaat yang tak terhingga. Keberkahan dan hikmah yang membayang dalam setiap detik ramadhan ialah janji Allah yang masih dan pasti. Maka tak dapat disangkal lagi, beruntunglah bagi setiap manusia yang bisa bertemu kembali bersama ramadhan 1436H di tahun ini, memetik manfaat terbaik dari momen terbaik yaitu momentum kebahagiaan tak terhingga. 
Hadits Riwayat Khuzaimah menuliskan bahwa Rasulullah pernah bicara; “Telah datang terhadap kalian bulan yang akbar penuh berkah, bulan yang di dalamnya terdapat satu tengah tengah malam yang nilainya tambah baik daripada seribu bulan. Allah menjadikan puasa di siang harinya ialah yg ialah kewajiban, dan shalat malam di sepertiga malamnya serta sbg sunnah. Barangsiapa yang menunaikan ibadah yang difardukan, maka pekerjaan itu setara dgn mengerjakan 70 kali amalan wajib.” 
Berdasarkan terhadap kumpulan ucapan Rasulullah berkaitan ramadhan, maka akan dituliskan sekian tidak sedikit keutamaan ramadhan : 
Mula-mula, ramadhan yakni syahrul ahzim, yaitu ramadhan ialah bulan yang agung. Al-Ahzim sesungguhnya adalah satu dari 99 nama dan sifat Allah. Tapi Ahzim juga digunakan yang merupakan istilah buat menggambarkan betapa agung dan agungnya sesuatu elemen, termasuk juga pun ramadhan. Allah telah menunjukkan dgn beraneka bukti bahwa ramadhan adalah bulan yang gede dan mulia. 
Kedua, ramadhan merupakan syahrul mubarak, yaitu bulan yang penuh bersama keberkahan. Tiap detik saat yang terlewat dalam bulan ramadhan yakni momen untuk memetik keberkahan tak terhingga. Bahkan hingga kebaikan terkecil yang dilakukan akan memiliki berkah berlimpah. 
Ketiga, ramadhan adalah syahru shiyam, adalah bermakna ramadhan yaitu bulan berpuasa. Puasa ramadhan merupakan ibadah penting. Di bulan ramadhan ada dua bentuk momen tiang agama yang ditegakkan, merupakan puasa ramadhan, dan nuzulul quran atau momen turunnya Al-Quran. 
Keempat, ramadhan yaitu syahrul musawwah, yakni ramadhan ialah bulan santunan dan sedekah. Ramadhan identik dgn pahala dan kebaikan yang tak ternilai dari kebaikan sedekah. Rasulullah teramat menganjurkan memperbanyak membuka mata dan hati dari terhadap saudara di kurang lebih yang kurang beruntung. Sedekahkanlah rezeki terbaik selama ramadhan sbg satu kunci berkah dan pembuka rezeki. 
Kelima, ramadhan merupakan sharu shabr atau bulan kesabaran. Ramadhan yakni kesempatan terbaik untuk melatih kadar kualitas kesabaran diri. Melalui berpuasa ramadhan salah satunya, menjadi momen penting dalam menilai sebarapa jauh nilai sabar dan ikhlas yang tergambar di hati dan pikiran. Apabila berhasil memaknai nilai kesabaran yang tinggi hingga penghujung ramadhan nanti, maka Janji Allah adalah surga.(CAL) 
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section