Ramadhan Tahun ini Berlangsung Serentak

00.25
ramadhan-mubarak-2015
Semalam, melalui proses sidang isbat pemerintah telah menentukan ramadhan tahun 1436 Hijriah/2015 Masehi ini berlangsung serentak. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menyampaikan seperti yang dilansir oleh laman Antaranews.com bahwa ramadhan th ini bakal berlangsung segera sebab fenomena alam. 

Menurut Menteri Lukman, keberadaan Hilal atau bulan telah diletakkan sedemikian rupa oleh Sang pemilik tengah tengah malam sehingga Ramadhan th ini di Indonesia bisa berlangsung bersamaan. 

Seperti yang diketahui, dalam sekian tidak sedikit thn terakhir, ramadhan di Indonesia selalu dilangsungkan dalam sekian tidak sedikit versi. Kemenag, dan bermacam macam ormas lain di Indonesia rata-rata memiliki versi tersendiri dalam memandang hilal. 

Dalam urusan penentuan waktu ibadah terutama awal dan akhir ramadan, umat islam di seluruh dunia merujuk kepada diwaktu peredaran bulan terhadap bumi, sehingga kesepakatan dalam tentukan kapal hilal muncul dan tenggelam amat mutlak. Dengan melihat dan menghitung posisi hilal melalui ilmu astronomi, dan penglihatan cepat maka umat islam diseluruh dunia sanggup menyamakan pernyataan dan simpulannya terkait urusan awal ibadah ramadan dan permulaan bulan syawal kelak. 

Namun seringkali, apa yang berjalan di Indonesia yaitu ketidaksamaan disaat ibadah. Dalam beberapa tahun terakhir, dua ormas terbesar di Indonesia : Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama memiliki versis kalender hijriah masing-masing. Tetapi utk ramadhan thn ini, Menteri Lukman diakui telah berhasil merangkul dan menghimpun trick pandang dalam menilik hilal, sehingga bersama trick resmi seluruh ormas islam dan pemerintah sepakat menetapkan 1 Ramadhan 1436 H jatuh di hri depan, Kamis. 18 Juni 2015. 

Kesepakatan penyamaan trick memandang hilal ini setidaknya mampu mengurangi tensi konflik dingin antara beraneka ragam ragam ormas di Indonesia terkait perbedaan dalam menjalankan ibadah. Dikarenakan sesungguhnya, sebaik-baiknya ibadah merupakan yang akan dilakukan dgn trik berjamaah. Segera satu sama lain. 

Beraneka Ragam Macam negara-negara timur tengah pula memiliki pendapat yang sama, Mesir, Arab Saudi, dan Qatar sudah menetapkan awal mula 1 ramadhan 1436 jatuh kepada hari Kamis esok. Mufti Nasional Mesir, Prof Dr Syeikh Shawqi Allam seperti yang dikutip dari laman Antaranews mengatakan bahwa Petugas Rukyatul Hilal atau Petugas yang diberi tugas untuk melihat Hilal di sejumlah titik di Mesir mengakui tak menyaksikan satupun tanda adanya hilal (bulan sabit, pertanda awal bulan Hijiriah) maka dengan tak adanya tanda hilal tersebut, Mesir menetapkan bulan Syaban genap di tanggal 30 pada Rabu hari ini, dan menetapkan Kamis esok yaitu 1 Ramadhan 1436 H.(CAL) 

Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section