Jangan Remehkan Kebaikan Kecil di Bulan Ramadhan

21.35

Kebaikan Kecil di Bulan Ramadhan
Kurang dari 3 hari ke depan bulan suci ramadhan akan tiba. Ramadhan yakni bulan baik, ruang segala kebaikan diobral ganjarannya. Ramadhan menjadi momen untuk menambah tabungan kebaikan sebanyak barangkali yang bisa dilakukan. Kesempatan berbuat baik di bulan ramadhan serta terbuka luas, lantaran logikanya kebaikan di bulan ramadhan dilakukan dikala hati dan pikiran sedang berpuasa, sedang dalam kontrol yang maksimal dalam diri. 
Rasulullah SAW telah banyak mencontohkan beraneka ragam macam bentuk kebaikan yang mampu dimaksimalkan tatkala ramadhan terjadi. Kebaikan kecil tetapi bernilai gemilang yang tak jarang dicontohkan Rasul di antaranya yakni memperbanyak sedekah walau sedikit, berbuat baik dengan sesama orang terdekat, membaca Al-Quran, salat tepat dikala, perbanyak dzikir, dan menyempatkan utk i’tikaf. 
Tiap detik di bulan ramadhan nanti ialah detik yang berharga. Bila dicermati, sesungguhnya kesempatan utk berbuat baik itu mampu datang bahkan di tiap detik perputaran jam. Kalau ada kesempatan berbuat baik, maka segeralah melakukan. 
Janganlah Hingga pernah meremahkan hal-hal kebaikan sepele tatkala ramadhan, biarpun hanya sebatas sedekah seribu rupah, atau hanya memberikan senyuman manis kepada orang tua sebelum beraktivitas, ataupun sebatas senyuman sapaan kecil kepada rekan, hal sepele semacam itu akan bernilai gemilang di bulan puasa kelak. 
Pahala besar terhampar luas bagi orang-orang yang mau berusaha untuk melaksanakan kebaikan. Walau hanya dengan membaca selembar al-quran, menyambangi saudara dekat buat bersilaturahmi, memberikan sebutir kurma bagi orang yang sedang berbuka puasa, menyempatkan salat sunnah dua rakaat menjelang santap sahur, hingga kesempatan kecil buat membantu seorang nenek paruh baya utk menyebrang. Deretan kebaikan kecil tersebut yakni kesempatan emas utk menanam pahala di ladang ramadhan. 
Ingatlah janji Allah untuk selalu melipatgandakan segala macam kebaikan di bulan ramadhan. Amalan sedekah ialah satu dari sekian banyak kebaikan kecil yang memiliki nilai tinggi di mata Allah. Semangat utk bersedakah ada baiknya dilatih sejak sebelum ramadhan tiba. Dikarenakan bersedekah di bulan ramadhan itu lebih berlipat pahalanya dibanding di bulan lain, sedekah orang yang berpuasa di bulan ramadhan itu setara ganjarannya dengan sedekah di jalan Allah (Fii Sabilillah). 
Begitu juga bersama bacaan tasbih dan kalimat dzikir di bulan ramadhan. Bermacam Macam hadits Rasulullah telah menuntun umatnya utk memperbanyak kebaikan kecil berupa ucapan tasbih selagi ramadhan, mengingat pahala ucapan tasbih di diwaktu ramadhan lebih afdhal daripada seribu kali bacaan tasbih di bulan lainnya. 
satu rakaat salat serta di bulan ramadhan memiliki ganjaran yang fantastis, setara bersama seribu rakaat salat di bulan yg lain. 
gemilang bukan? Maka dari itu langsung niatkan dalam hati bermacam macam kebaikan kecil yang bernilai fantastis di bulan ramadhan nanti. (CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section