Manfaat Kurma untuk Berbuka Puasa Ramadhan

20.02

Manfaat-kurma
Seakan sudah menjadi rutinitas di Indonesia, waktu menjelang ketika berbuka puasa di bulan ramadhan, masyarakat Indonesia di bermacam macam macam penjuru provinsi di tanah air akan disibukkan bersama etika “ngabuburit” yang bermakna menunggu berbuka sambil laksanakan kegiatan lain. Nah, kala ngabuburit inilah masyarakat Indonesia terbiasa untuk memborong beragam jenis makanan khas pembuka puasa. mulai dari kue berwarna warni, es beraneka ragam rasa, kolak hangat nan manis, hingga gorengan tahu tempe pisang dll.
Tradisi berburu kuliner berbuka puasa sesungguhnya kembali kepada rutinitas dan budaya kuliner Indonesia yang memang berbagai rasa dan warna. Tak ada yang salah bersama tradisi ini, tapi setidaknya hendak diperhatikan berkaitan takaran makanan dan minuman yang dikonsumsi, sebab sesungguhnya Rasulullah SAW tak pernah mencontohkan pada umatnya untuk berlebihan dalam berbuka puasa.
Bahkan Rasulullah selalu mencontohkan sajian berbuka dgn sesuatu yang amat sangat amat sangat sederhana. Hanya kurma dan air putih. Dia selalu menganjurkan pada sahabatnya bahwa berbuka puasa itu hendaknya dgn kurma, jika tak ada kurma maka mampu diganti dgn air. Ini ialah sebentuk wujud kesempurnaan kasih sayang Rasulullah pada umatnya. Satu Buah bentuk kesederhanaan yang mengagumkan dari tradisi berbuka puasa.
Tak hanya itu, ternyata sebutir kurma juga memiliki manfaat dan keberkahan yang besar jikalau digunakan sebagai sajian mula-mula dalam berbuka puasa. Kurma memiliki bermacam kelebihan yang fantastis, diantaranya :
1. Kurma dapat menjadi pencuci perut paling baik. Kandungan serat dalam kurma berada dalam tingkatan yang tinggi. Kurma bermanfaat bagi pencernaan dan memperlancar saluran cerna setelah satu hari penuh berpuasa.
2. Kurma memiliki kandungan mineral yang teramat tinggi. Kandungan mineral inilah yang berguna sebagai makanan yang sanggup memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Dalam sebutir kurma memiliki kandungan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium.
3. Kurma ialah penambah energi yang ajaib. Sebutir kurma mengandung kadar gula alami yang tinggi, akan mengembalikan energi tubuh dgn trick segera pasca berbuka puasa
4. Kurma juga mengandung zat besi yang tinggi, berfungsi pula sbg peningkat energi yang aktif dan kala bersamaan bisa mengurangi rasa lelah dan lesu setelah seharian berpuasa.
5. Kurma dapat menopang mengoptimalkan kerja otak. Waktu dikonsumsi dengan air putih yang lumayan pasca berbuka puasa, kurma dapat mempermudah meningkatkan kecepatan berpikir pada otak Anda. Seperti yang diketahui, kurma mengandung kalium yang ialah zat mengkonsumsi bagi otak, tubuh yang terhidrasi bersama kiat cukup oleh air juga akan mempercepat aliran darah ke otak.
gemilang bukan manfaat dari kurma? Daripada menghabiskan rezeki dengan membeli makanan berminyak, penuh kolestrol dll, tambah baik dgn mencontoh Rasulullah SAW dengan mengkonsumi kurma sebagai sajian pembuka puasa. Makanan simpel dan sederhana, penuh berkah dan manfaat. Aamiin.
(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section