Ini Tips Sahur Sehat nan Berkah Selama Ramadhan

19.50
sahur-sehat-dan-berkah
Memasuki puasa di hari ke lima, rutinitas sahur mungkin saja sudah menjadi etika di setiap bangun pagi. Semangat ramadhan masih terasa menggebu, rata rata pun bekorelasi dengan semangat utk bangun dan memaksimalkan berkah di sela-sela santap sahur. Dgn mata yang tetap terkantuk, mayoritas muslim di Indonesia pasti akan merasakan hal serupa, cepat bergegas melenyapkan kantuk dan kemudian bersantap sahur ditengah kehangatan teman, istri, atau keluarga.
Bagi yang menjalankan puasa ramadhan, sahur adalah permulaan hari, sahur merupakan permulaan makan dan isikan gizi atau kebutuhan energi bagi tubuh sebelum beraktivitas seharian tanpa makan dan minum. Allah pun telah menjanjikan milyaran berkah tak terhingga dalam setiap ketika sahur. Nah, maka dari itu jangan sampai hingga sampai melewatkan sempurnanya waktu sahur. Berikut yakni tips sederhana memaksimalkan fungsi dan manfaat sahur dari sisi kesehatan dan keberkahan :
  1. Maksimalkan mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayur. Seperti yang diketahui, makanan berserat akan teramat berguna utk menetralisir racun dalam tubuh. Sehingga manfaat puasa serta sbg pembersih hati dan tubuh akan makin terasa.
  2. Optimalkan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbo berfungsi yg ialah sumber energi utama. Sumber karbohidrat yang baik ada di nasi, kentang, ubi, dll. Nasi merah lebih baik daripada nasi putih. Kentang pun memiliki sumber energi karbohidrat yang lebih akbar daripada nasi putih.
  3. Cukupkan minum air putih. Air yakni mineral mutlak yang paling utama bagi tubuh. Cairan dalam tubuh berfungsi untuk mengalirkan aliran darah ke otak. Bila tubuh tidak terhidrasi bersama trick sempurna. Maka dampaknya akan mematikan. Dehidrasi dapat berujung pada kematian seperti yang berlangsung terhadap peristiwa gelombang panas India sekian tidak sedikit ketika silam.
  4. Hindari makanan bergula tinggi seperti softdrink, makanan pedas, atau makanan asam, dan serta kopi. Softdrink dan kopi bersifat diuretic yang bakal memacu tubuh untuk mengeluarkan air lebih tak sedikit, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan air sewaktu siang hari. Softdrink serta berbahaya karena kandungan gulanya yang sangat teramat tinggi. Makanan pedas dan asam dapat memberikan mungkin saja perut mulas atau sakit perut lantaran kadar asam lambung yang jenuh.
  5. Agar keberkahan terus terjaga, konsumsi makanan seperlunya. Makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. janganlah pernah sisakan makan sahur di piring Anda, sesungguhnya keberkahan sahur muncul di sisa-sisa terakhir makanan.
  6. Kurangi menyaksikan acara komedi sahur yang amat sering tidak bermutu, tak bermoral, dan hanya mengundang tawa dengan menyakiti orang, atau menghina kekurangan orang lain. Manfaatkan ketika santap sahur bersama mendengarkan kisah-kisah baik, ataupun mendengarkan tadarus Al-Quran.
  7. Berbagi kebahagiaan sahur dgn yang membutuhkan. Tips terakhir ini yakni kunci dari segala keberkahan. Sedekah dan berinfaq dijalan Allah ialah kebaikan yang amat mulia nilainya. Sempatkan makan sahur dengan memikirkan nasib saudara-saudara muslim lain yang belum bisa menikmati santap sahur dengan kondisi pantas. Sharing kebahagiaan sahur pada para pengungsi Rohingya di Aceh, para fakir di pinggir jalan, dan anak-anak yatim piatu yang berada di kanan-kiri rumah yakni trick paling baik buat memetik keberkahan sahur yang maksimal.(CAL)
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section