Antara Ibadah Qurban dan Sedekah, Lebih Istimewa Mana?

00.52

Cuma dalam hitungan sekian banyak minggu ke depan, ibadah qurban yg dinanti dapat menyapa jutaan muslim di seluruhnya dunia. Di negara ini, perayaan ibadah qurban tiap tahunnya jadi perayaan hri gede Islam ke-2 paling besar sesudah hri kemenangan Idul Fitri.
Oleh dikarenakan keutamaan itu, ibadah qurban juga jadi bidang dari prioritas sebahagian muslim kelas menengah atas di Indonesia.
Tapi terkadang, dalam menyiapkan dana utk ibadah qurban, lebih sering kita terjebak dalam kebimbangan, di antara ke-2 amalah ibadah paling baik ialah ibadah qurban & ibadah sedekah, yg mana mana yg mesti didahulukan? Yg mana lebih teristimewa?
Pembahasan berkaitan dua ibadah yg nyaris serupa maknanya ini akan dimulai dari menelusuri keutamaannya di sudut Allah SWT. Dalam keadaan seperti yg dijelaskan di atas, artinya ada dana yg telah terkumpul menjelang kala pembuatan Idul Adha atau telah jelang pekan-pekan awal di Bln Dzulhijjah, sehingga para ulama menegaskan bahwa lebih penting menyembelih hewan qurban dalam satu rangkaian ibadah qurban ketimbang mesti sedekah segede harga hewan qurban tersebut.
Dilansir dari page Voa Islam, Ibnu Taimiyyah dalam Majmu’ Fatwa : 26/304 berbicara : ibadah qurban, aqiqah, & hadyu itu lebih mutlak di bandingkan bersama sedekah banyaknya harganya.
Kenapa ibadah qurban punyai posisi yg lebih diutamakan di bandingkan sedekah? Keutamaan ibadah qurban terang tercantum dalam firman Allah di Al-Quran. Bahkan ibadah qurban disandingkan oleh Allah dgn ibadah shalat, sama seperti yg tercantum dalam firman Allah SWT :
“Maka dirikanlah salat lantaran Tuhanmu & berqurbanlah” (QS. Al-Kautsar : 2)
Apabila dikaji berdasarkan logika akal manusia pula, ibadah qurban sesungguhnya ialah sedekah yg tambah baik & lebih nyata wujudnya ketimbang mesti sedekah berupa duit kontan. Dibalik ibadah qurban ada keutamaan menyembelih hewan qurban, & mengalirkan darahnya tepat dgn tuntunan dari Nabi Ibrahim, Bpk para Nabi. Sesudah hewan qurban disembelih a/n Allah, sedekah paling baik juga bakal lebih bermakna bersama menyalurkan daging hewan qurban yg nikmat bagi seluruhnya saudara-saudara yg lebih membutuhkan.
Penambahan penjelasan lain datang dari Syaikh Ibnu Utsaimin dikutip serta dari page Voa Islam yg berbicara :
& yg paling penting yakni ibadah qurban, lantaran menyembelih hewan qurban itu lebih penting daripada sedekah bersama seharga hewan qurban itu. Terkecuali itu lebih penting serta daripada membeli daging jumlahnya itu utk selanjutnya disedekahkan. Ibadah qurban diutamakan sebab dalam qurban ada esensi lain dari mendekatkan diri pada Allah dgn menyembelih & mengalirkan darah hewan qurban. SBerdasarkan firman Allah SWT :
“Daging-daging unta & darahnya itu sekali-kali tak sanggup mencapai (keridaan) Allah, namun ketakwaan dari kamulah yg bisa mencapainya.” (QS. Al-Hajj : 37)
(CAL)
img : yurini.m
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section