Kenali Ragam Jenis Kambing Qurban Terbaik di Indonesia

03.08

Indonesia yaitu lumbung ternak paling baik. Lingkungan negara ini yg tropis & sejuk amat sangat sesuai bagi pengembangan hewan ternak mutu ekspor. Apalagi di negara yg mayoritas muslim ini, hewan ternak jadi komoditas yg paling diburu buat digunakan juga sebagai hewan qurban. Berbagai kategori sapi & kambing qurban mutu dunia dikembangkan di Indonesia.
Berikut yaitu gambaran beraneka ragam kategori kambing qurban paling baik ori asal Indonesia :
Kambing kacang
Kambing kategori ini merupakan kambing qurban ras top yg perdana kali dikembangkan di Indonesia. Biasanya badan kambing relatif mungil dgn kepala ringan & mungil. Warna bulunya tunggal putih, hitam, cokelat, atau kombinasi ketiganya. Kambing kacang ini paling tidak jarang dipakai sbg kambing qurban di Indonesia
Kambing Etawa atau kambing Jamnapari
Sebahagian akbar penduduk di Pulau Jawa pasti telah pass akrab dgn nama kambing etawa. Kambing ras unggulan yg awalnya didatangkan dari India ini punyai berbagai fungsi. Terkecuali bisa diternakan juga sebagai kambing penghasil susu yg menyehatkan, kambing ettawa serta dapat difungsikan sbg kambing qurban. Badannya akbar, tingginya dapat mencapai 127 centi meter, lumayan tinggi di bandingkan kambing type lain. Kambing ettawa bisa membuahkan susu sampai tiga liter perhari. Ciri yg paling gampang dikenali dari kambing etawa merupakan telinganya yg panjnag & terkulai ke bawah.
Kambing Boer
Kambing type ini yakni kambing pedaging yg paling digemari oleh para peternak. Kambing Boer juga amat terkenal diperlukan juga sebagai kambing qurban mutu nomor wahid. Asal kambing Boer ini dari negara Afrika Selatan, pertumbuhan kambing ini dapat dibilang amat sangat serta-merta di bandingkan kambing type yang lain. Bayangkan kambing Boer ini dapat mencapai berat 35-45 kg terhadap umur lima sampai enam bln. Seandainya diternakkan sampai usia 2-3 thn, kambing Boer jantan bisa mencapai berat tubuh lebih dari 120-150 kg. Apabila dijadikan kambing pedaging atau kambing qurban, persentase daging kambing boer serta dapat mencapai 40%-50% dari total berat tubuhnya. Jauh lebih tidak sedikit di bandingkan kambing qurban kategori yang lain. Ciri yg paling enteng dikenali dari kambing boer ini yaitu tubuhnya yg panjang, lebar & berbulu putih. Kepalanya condong berwarna cokelat kemerahan, atau cokelat jejaka sampai cokelat sepuh, bertelinga panjang menggantung.
Kambing kosta
Kambing ini yakni kambing kota. Kenapa kambing kota? Dikarenakan kambing ini kebanyakan punyai penyebaran di seputar Kota Jakarta & Propinsi Banten. Kambing Kosta pula jadi salah satu ras unggulan yg diminati juga sebagai kambing qurban. Ciri khas kambing kosta yaitu wujud tubuhnya yg sedang, hidung rata, tanduk pendek, bulu pendek. Dulunya kambing kosta ialah hasil dari persilangan ras unggulan kambing kacang & kambing khasmir dari pegunungan India-Pakistan. Satu ciri unik yang lain dari kambing kosta yaitu tentu senantiasa adanya motif garis yg sejajar terhadap sektor kiri & kanan muka kambing. Kebanyakan kambing kosta diminati & potensial yang merupakan kambing qurban yakni sebab tubuhnya yg gemuk ke bidang belakang. Tapi sampai hri ini, komune type kambing kosta ini makin jarang & konsisten berkurang. (CAL)
img : sipendik.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section