Melihat Keganasan Angin Topan Goni di Filipina

01.07

Angin Topan Goni
Anomali atau keanehan cuaca kembali berjalan di belahan bumi Asia. Waktu tanah Indonesia makin kering sebab panjangnya musim masa kemarau, bahkan makin diperparah dgn munculnya titik api penyebab kebakaran hutan yg tidak terkendali, tapi tidak jauh dari Indonesia, informasi duka datang dari Filipina. Angin Topan Goni minggu dulu bergerak deras disekitar perairan laut Filipina.
Dikutip dari page National Geographic, angin topan Goni saat ini tengah bergerak menuju ke utara mengarah serta-merta ke perairan barat Jepang, & sebahagian pulau di Samudera pasifik Utara Filipina. Di Filipina, angin topan Goni sedikitnya sudah menewaskan 10 orang & menyebabkan 17 jiwa hilang juga ribuan penduduk Filipina terpaksa mengungsi ke Taiwan. Dilaporkan serta sampai berakhirnya periode darurat bencana, bakal ada 40 posko evakuasi yg memuat 4.000 pengungsi.
Sepanjang histori kebencaannya, Filipina benar-benar senantiasa jadi langganan bencana angin topan. Topan atau badai akbar yg terbentuk di tengah laut biasanya berlangsung seputar 20 kali tiap-tiap tahunnya. Berdasarkan perhitungan, angin topan Goni yakni kejadian topan yg ke-sembilan dalam satu th terakhir.
Minggu dulu, keganasan angin topan Goni tampak terang diwaktu badai dahsyat itu bergerak bersama kecepatan 19 mil (kira kira 30 kilometer) perjam dari arah Samudera Pasifik menuju Pulau Luzon di Filipina. Hasilnya, angin topan yg bergemuruh disertai hujan teramat lebat menghajar sebahagian wilayah Filipina, terutama wilayah kepulauan mungil di tengah Samudera Pasifik.
Laporan paling baru menyebut ganasnya angin topan sudah menyebabkan bencana banjir, longsor & beberapa ratus rumah hancur di Pulau Luzon. Dikutip serta dari page info National Geographic, angin topan Goni sudah menghancurkan suatu jembatan di Propinsi Ilocos Norte juga sebagai wilayah kepulauan. Akibatnya, ada 750 penduduk lokal yg terjebak di pulau mungil itu.
Usai menghantam Filipina, keganasan angin topan Goni dilaporkan sudah bergerak ke utara di lepas Pantai Timur Taiwan. Biarpun kekuatannya diprediksi melemah tapi satu factor yg ditakutkan angin topan Goni dapat berjumpa dgn jejak-jejak pemicu angin topan Soudelor. Pada Awal Mulanya, di awal bln Agustus ini, angin topan Soudelor sudah meluluhlantakkan wilayah mungil di Wulai, tidak jauh dari Taipei Taiwan.
Pergerakan angin topan Goni yg masihlah aktif menurut prediksi Tubuh Meteorologi Tokyo bakal bergerak bersama kapabilitas yg mungil sampai sedang jelang Kepulauan Sakishima, Jepang. Resiko nyata deru angin topan Goni ini sudah memicu gelombang tinggi & angin kencang di pulau-pulau mungil di wilayah Perfektur Okinawa, & tetap miliki daya buat jelang pulau gede di wilayah padat masyarakat Jepang. (CAL)
img : accuweather
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section