Mengenal Angin Topan Noul, Topan di Filipina Terkuat Sepanjang 2015

01.07

Angin Topan Noul
Minggu ini, bencana angin topan Goni menghantam Filipina. Sepanjang th, Filipina yg terletak di antara luasnya Samudera Pasifik memang lah jadi salah satu wilayah di dunia yg sangat sering dihantam angin topan. Berdasarkan statistik kebencanaan Filipina seperti yg dilansir page National Geographic, Topan Goni ialah kejadian ke-8 sepanjang satu thn terakhir. Tapi, sebelum deru angin topan Goni meluluhlantakkan pulau-pulau mungil di Filipina, di bln Mei dulu, angin topan Noul sudah lebih dahulu mengambil kebolehan angin besa berkecepatan mengagumkan.
Mei 2015, angin topan Noul yg mengambil angin berkecepatan nomor satu mencapai 220 km per jam bergerak liar disekitar sektor timur laut Filipina. Topan yg diperkirakan jadi yg terkuat sepanjang th 2015 ini menyebabkan ribuan orang di Filipina terpaksa mesti dievakuasi menjauh dari zona lintasan angin topan Noul.
Sedikitnya ada 1.680 orang di Propinsi Cagayan mesti dievakuasi ke tempat yg lebih aman. Penambahan pengungsi datang serta dari sekira 1.000 jiwa warga Propinsi Isabela. Waktu itu, pemerintah setempat bergerak sigap & tidak akan membawa risiko lebih parah apabila terlambat lakukan evakuasi. Pasalnya terhadap 2013 dulu, angin Topan Haiyan, topan terkuat di dunia sudah mengakibatkan 7.000 lebih jiwa tewas di Filipina.
Angin Topan Noul dalam bahasa Filipina akrab dinamakan yang merupakan angin topan Dodong. Mei dulu topan ini terbentuk dari depresi siklon tropis di atas Samudera Pasifik sebelah timur Pulau Caroline kepada 2 Mei, sehari berikutnya di 3 Mei siklon tropis ini beralih jadi badai tropis. Satu pekan sesudahnya, angin topan Noul konsisten bergerak & beralih jadi tubuh tropis paling besar di 2015 di lihat dari sudut kecepatan angin yg mencapai lebih dari 220 km/jam.
Di perairan Filipina, angin topan Noul atau topan Dodong memasuki wilayah Filipina terhadap 7 Mei. Disaat itu, pemerintah setempat bahkan memberikan sinyal level 4 sbg sinyal bahaya teratas. Pelajaran bernilai dari resiko topan Haiyan yg mematikan sudah menekan sekecil kemungkinan risiko dari bencana angin topan Noul. Pasca topan ini menghantam segera timur laut Luzon tepatnya di Santa Ana, Cagayan, ribuan warga telah sukses dievakuasi apalagi dulu. Dengan Cara tak cepat cuma ada 2 korban tewas di Luzon pasca topan Noul mereda. Dua orang itu tewas sesudah tersengat aliran listrik di rumahnya sendiri pasca membersihkan sisa-sisa hantaman topan Noul.
Tapi uniknya, di samping mengambil resiko kerusakan material yg tidak sedikit sejumlah, angin topan Noul ini tenyata pula mengambil keberkahan. Pasca topan Noul, hujan deras yg membasahi Luzon dalam sekian banyak hri sudah menyuburkan pertanian padi & jagung yg nyaris puso dikarenakan kekeringan panjang.(CAL)
img : wikipedia
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section