Mengenal Topan Haiyan, Angin Topan Terkuat di Dunia

01.06

Angin Topan Haiyan
Menjelang dua bln ke depan, Filipina dapat memperingati dua thn kejadian topan Haiyan, angin topan yg berada dalam type terkuat sepanjang histori dunia. Nopember 2013, yaitu bln kelabu bagi negara Filipina. Ketika itu, topan Haiyan, suatu siklon tropis paling dahsyat meluluhlantakkan tidak sedikit Kota di Filipina bersama kecepatan angin mencapai 235 km/jam.
Angin topan Haiyan dalam budaya kebencanaan Filipina dikenal sbg Topan Yolanda. Dirangkum dari bermacam macam sumber, angin Topan Haiyan ialah badai siklon tropis yg bermula dari fenomena cuaca di kawasan Samudera Pasfiik. Suatu kawasan bertekanan rendah di wilayah tenggara Pohnpei Samudera Pasifik sejak mulai menempa kumparan badai terhadap 2 Nopember. Dua hri berikutnya, terhadap 4 Nopember anomali cuaca ini bertambah kuat jadi badai & terdeteksi yang merupakan Badai Haiyan. Angin topan ini seterusnya berkembang makin kuat bersama putaran angin & kecepatan yg mengerikan sebab elemen tiupan angin ringan & suhu permukaan laut hangat disekitar Pasifik. Akhinya terhadap 7 Nopember, depresi siklon tropis ini jadi badai terkuat didunia yg masuk dalam tipe 5 skala badai Saffir-Simpson. Suatu klasifikasi pengukuran badai, angin, & siklon tropis yg berjalan di Samudera Atlantik & Samudera Pasifik.
Lansiran resmi dari Tubuh Meteorologi Jepang (JMA) mencatatkan angka maksimal dari kecepatan angin topa Haiyan ini terhadap angka 235 km/jam (145 mph).
Tanggal 8 Nopember serta jadi hri kelam bagi rakyat Filipina, hri itu kumparan badai Haiyan yg sangat agung memasuki wilayah Filipina, mengambil angin topan yg amat dahsyat yg menghantam wilayah pedalaman seputar Filipina Tengah. Terlambatnya proses evakuasi sudah berakibat yg teramat fatal, tertulis lebih dari 7.000 jiwa tewas terhempas & tertimbun material akibat angin topan Haiyan ini.
Satu Orang ahli meteorologi dunia, Eric Holthaus, dikutip dari page BBC saat itu mengemukakan dalam suatu tweetnya bahwa angin topan Haiyan yaitu “serangan badai yg terkuat dalam histori dunia”.
Ribuan jiwa yg tewas terbanyak berada di Kota Tacloban, suatu kuburan massal berisi ribuan korban jadi monumen abadi resiko tidak baik angin topan Haiyan yg tidak dapat dilupakan penduduk Filipina. Tidak Cuma ribuan tewas, kantor info BBC pula mencatat ada lebih dari empat juta jiwa yg mengungsi & sampai hri ini ada banyak yg tinggal di ruangan penampung sementara.
Terkecuali Tacloban, sekian banyak wilayah yg berada di dataran rendah seperti Propinsi Leyte bahkan hingga rata dgn tanah akibat dahsyatnya gulungan angin topan Haiyan. Sampai hri ini publik dunia mengklaim bahwa tragedi topan Haiyan yg sudah menewaskan 7.000 korban jiwa yaitu gambaran tidak baik dalam proses mitigasi bencana yg dijalankan oleh Pemerintah Filipina. Bahkan BBC juga melansir Pemerintah Filipina pernah dikritik keras diwaktu itu sebab dinilai lamban dalam mendistribusikan pertolongan dari beraneka pihak internasional.(CAL)
img : news.com.au
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section