3 Bukti Memalukan Kabut Asap Kiriman Indonesia Mengepung Singapura-Malaysia

20.47

Kabut Asap dari Indonesia Sampai Malaysia dan Singapura
Sejauh mana harga diri bangsa juga sebagai Indonesia yg akbar & penuh ketajiran alam bakal tercoreng? sejauh ini, puluhan th sejak merdeka, Indonesia dilihat juga sebagai negara yg tajir bakal sumber daya alam. Ekosistem laut, & hutannya sanggup menciptakan iri negara-negara tetangga di kawasan Asean.
Tapi dalam satu dekade terakhir, justru ketajiran alam Indonesia inilah yg jadi awal mula tercorengnya harga diri bangsa. Gambaran macam mana ketidakmampuan kita yang merupakan bangsa yg agung buat menjaga alam terbukti nyata diwaktu kabut asap kebakaran hutan ikut terbawa angin melintas batas negeri.
Berikut yakni 3 bukti memalukan yg mencoreng harga diri bangsa akibat kabut asap kiriman Indonesia mengepung telah Singapura & Malaysia :
  1. Kabut asap Indonesia sudah menurunkan mutu hawa Singapura jadi jenis tidak sehat
Menurut info terakhir yg dirilis dari CNN Indonesia, Tubuh Lingkungan Nasional atau National Environment Agency negeri Singapura sudah melansir berita mengkhawatirkan berkaitan keadaan mutu hawa Singapura yg berada di kisaran tidak sehat. Tatkala dua minggu terakhir di Bln September ini, kabut asap “kiriman” Indonesia sudah menggelapkan wilayah Singapura. Bahkan level indeks standar polutan atau Pollutant Standards Index di seluruhnya wilayah atmosfer Singapura sudah mencapai rekor sangat buruk di th ini, yaitu melebihi angka 211 atau level yg teramat tak sehat. Masihlah dilansir oleh CNN, satu orang masyarakat Singapura, Rosaini Dian menceritakan gimana buruknya kodisi kabut asap “kiriman” dari Indonesia, menurut penuturannya, bau asap yg pekat bahkan telah tercium di dalam rumah meskipun pintu & jendela telah tertutup rapat
2. Malaysia bakal cepat laksanakan tanda tandangan MoU bersama Indonesia terkait bencana kabut asap
Tidak cuma mengepung wilayah negara mungil Singapura, kabut asap “kiriman” dari Indonesia serta telah mencapai wilayah Malaysia, khususnya di Negara Sabah & Kuala Lumpur. Kabut asap yg tertiup sampai Malaysia diperkirakan akibat kencangnya tiupan angin yg mengambil asap dari Nunukan & beberapa ratus titik api lain di Kalimantan Barat & Kalimantan Utara pula Riau. Dilaporkan dari Kuala Lumpur, mutu hawa di KL telah berada kepada level tak sehat, Indeks pencemaran hawa ada di angka 140. Tebalnya kabut asap di Kuala Lumpur bahkan menyebabkan fenomena matahari berwarna jingga sebab sinarnya tidak dapat menembus pekatnya partikel debu.
Akibat dari keadaan ini, Malaysia mengemukakan bakal cepat laksanakan tanda tangan nota kesepahaman (MoU) dgn Indonesia utk menangani urusan kabut asap ini. Seperti yg dilansir kantor info Antara, pada awal mulanya terhadap 1997, & 2013 dulu Indonesia juga sebagai negara “pengirim” kabut asap telah sempat menandatangani perjanjian tingkat ASEAN berkenaan pencemaran kabut asap yg melewati perbatasan. Indonesia dianggap juga sebagai pelaku mutlak penyebab kabut asap di kawasan Asia Tenggara, terutama Malaysia & Singapura.
3. Singapura telah menawarakan pertolongan utk padamkan api di Riau
Kompleksnya urusan kabut asap yg menerjang Riau & meniupkan asapnya sampai Singapura telah menciptakan gerah Singapura. Minggu dulu, dilaporkan dari kantor informasi NewsAsia, Kementerian Pertahanan Singapura telah menghbungi Menteri Pertahanan Indonessia Ryamizard Ryacudu, buat menawari pertolongan pemadaman titik api di Riau. Singapura telah bersiap dgn pesawat hercules C-130 miliknya utk menopang militer Indonesia dalam operasi Cloud Seeding atau menyemai awan hujan (modifikasi cuaca).(CAL)
img : viva
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section