Sapi Pasundan dikawinkan dengan Sapi Madura akan Hasilkan Sapi Qurban Unggulan

00.11

Sapi Pasundan dan Sapi Madura
sampai kini, ketajiran ternak di Indonesia benar-benar sudah dipercaya tidak sedikit pihak. Bermacam Macam sapi impor dari negara lain sudah lama dimasukkan ke dalam negara buat seterusnya dikembangbiakkan jadi sapi-sapi pedaging unggulan. Sapi bali, sapi limousin, sapi simental yaitu gambaran bermacam macam wujud sapi impor yg sukses diternakkan di Indonesia.
Jikalau menonton pasar mengkonsumsi sapi pedaging di Indonesia, daging sapi jadi mengonsumsi primadona kalangan warga ekonomi menengah ke atas. Di Samping itu, ternak sapi juga jadi barang buruan bernilai luar biasa kala menjelang masuknya momen idul qurban seperti pekan-pekan terakhir ini. Tingginya permintaan sapi di Indonesia sudah menciptakan tidak sedikit pihak utk lakukan kawin silang sapi-sapi paling baik demi membuahkan sapi unggulan yg bernilai tinggi.
Salah satunya dilakukan oleh Tubuh Penelitian Pengembangan & Aplikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (BP3IPTEK) Jawa Barat. Dikutip dari page Antaranews, BP3IPTEK dapat mengawinkan spesies sapi ori Jawa Barat yg dikenal juga sebagai Sapi Pasundan bersama Sapi Madura. Harapannya ke-2 kategori sapi paling baik di Indonesia itu dapat membuahkan keturunan bersama mutu yg jauh lebih top. Lebih-lebih kalau diternakkan juga sebagai sapi pedaging atau sapi qurban.
Bila dipandang berdasarkan sifatnya, ke-2 tipe sapi khas Indonesia itu punyai kemiripan sifat. Sapi madura ialah hasil dari blasteran atau pencampuran dari kategori kerabat banteng (Bos Sondaicus) dgn sapi zebu dari India (Bos Indicus). Dikarenakan pencampuran inilah sehingga ciri khas dari ke-2 ialah banteng & sapi zebu masihlah bakal tampak terhadap sapi madura. Di Madura, sapi qurban primadona ini yakni “kendaraan tempur” yg tidak jarang dimanfaatkan dalam rutinitas karapan sapi.
Sedangkan Sapi Pasundan telah dipercaya yang merupakan type ternak sapi orisinil original dari tanah Jawa Barat. Keoriginalan Sapi Pasundan juga sebagai ternak lokal made in Indonesia pula telah dibuktikan lewat Surat Ketetapan Menteri Pertanian.
Apa keunggulan si Sapi Pasundan ini? Telah lama ketahuan sapi Pasundan top dikarenakan daya tahan tinggi pada penyakit. Karakteristik ini amat serasi bersama rutinitas umum penduduk Jawa Barat yg senang menggembalakan sapinya bersama kiat dilepas di ladang. Seandainya dikembangkan dgn baik, seekor Sapi Pasundan dewasa sanggup mencapai bobot maksimal sampai 400 kg.
Nah, bersama trick kawin silang antara Sapi Madura & Sapi Pasundan ini, diharapkann perbandingan antara tulang & dagingnya dapat lebih diperbaiki. Kelebihan Sapi Madura bersama karateristik dagingnya yg tebal, bertulang mungil, & kandungan lemak yg relatif lebih sedikit ketimbang tipe daging sapi yang lain dicoba digabungkan bersama karakter Sapi Pasundan yg tahan pada penyakit.
Kalau sukses, sehingga pengembangan kawin silang Sapi Pasundan & Sapi Madura ini bakal melahirkan sapi tipe baru di Indonesia. Sapi unggulan yg amat sangat tepat buat dijadikan sapi pedaging ataupun sapi qurban. Yuk sama-sama kita kawal bisnis baik dari oleh Tubuh Penelitian Pengembangan & Aplikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi ini! (CAL) img : radiocikamanca
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section