tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara Muslim

00.00

Tradisi Unik Idul Adha
Cuma tinggal menunggu hri, perayaan gede idul adha bakal segara menyapa jutaan muslim di seluruhnya dunia, tidak tidak hanya di Indonesia. Mirip dgn idul fitri, perayaan idul adha di bermacam daerah di dunia ini lekat kaitannya dgn budaya & etika istiadat warga setempat. Suatu bukti unik bahwa agama Islam sudah melebur ke dalam tiap sendi budaya warga.
Di Indonesia, adat yg paling terasa & senantiasa jadi etika konsisten diwaktu idul qurban merupakan memotong hewan qurban seusai pengerjaan idul adha, seterusnya mencacah daging qurban jadi ukuran tertentu, & setelah itu mendistribsusikan serta-merta ke tetangga terdekat, atau ke golongan fakir & miskin yg tidak tiap-tiap tahunnya mampu merasakan nikmatnya daging qurban. Lain lagi bersama apa yg menjadi budaya di Kota Budaya Yogyakarta, tiap tahunnya usai pemotongan hewan qurban, Keraton Yogyakarta senantiasa menyelenggarakan tradisis grebeg gede di depan keraton.
Dengan Cara Apa dgn pengerjaan idul adha di negeri lain? berikut yakni 3 adat unik idul adha di bermacam negeri muslim lain di seluruhnya dunia.
1. Idul qurban di Bangladesh
Pembuatan idul qurban di Bangladesh nyaris tidak ada bedanya dgn negara-negara muslim lain di seluruhnya dunia, tetapi negeri muslim yg bertetangga serta-merta bersama India ini mengaplikasikan aturan ketat bagi hewan qurban yg diqurbankan. Di sekian banyak wilayah Bangladesh juga, qurban kerbau masihlah jadi dominan di bandingkan qurban sapi, demi menghormati kebiasaan agama Hindu yg menyucikan ternak sapi.
2. Idul qurban di Arab Saudi
Perayaan idul qurban di negara Arab Saudi berjalan teramat meriah. Diselingi bersama pengerjaan qukuf gede di Arafah bagi jamaah haji, beberapa ratus ribu qurban yg didominasi oleh qurban unta & qurban domba disembelih sesuai usai shalat idul adha. Rata-rata qurban paling baik hadir dari perwakilan kerajaan Arab Saudi. Jutaan kilo daging qurban selanjutnya diolah & dibekukan, dulu didistribusikan ke wilayah-wilayah yg paling membutuhkan seperti di Somalia, Afrika Tengah, & negara-negara konflik Timur Tengah
3. Qurban etnis Uighur, Xinjiang China
Negara yg teramat luas China pula mempunyai sekian banyak minoritas etnis muslim yg merayakan idul qurban bersama kebahagiaan. Informasi terakhir menunjukkan data ada 20 juta muslim di negara China. Salah satunya merupakan perayaan qurban yg dilakukan oleh etnis uighur di Provinis Xinjiang China. Xinjiang mempunyai lebih dari 3.000 masjid yg senantiasa ramai oleh etnis minoritas muslim. Idul adha di Xinjiang dilakukan dgn lakukan ibadah di dalam masjid, setelah itu dilanjutkan dgn memotong qurban yg kebanyakan berupa sapi-sapi gunung berbadan kekar khas wilayah geografis Xinjiang yg berada di atas gunung-gunung salju.(CAL)
img : flickr.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Submenu Section

Slider Section